Usai Menjalani Pemeriksaan Di RMI, Pasien Melakukan Karantina Mandiri

Usai Menjalani Pemeriksaan Di RMI, Pasien Melakukan Karantina Mandiri

, Saturday, April 04, 2020 WIB Last Updated 2020-04-03T23:25:42Z
Kadikes Loteng H. Omdah memantau langsung pemeriksaan karantina di RMI

Lombok Tengah (postkotantb.com)- Proses karantina yang dilaksanakan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), di Rumah Mutiara Indonesia (RMI), berjalan lancar.

Terhitung sejak 30 Maret 2020, Pemkab Loteng menginstruksikan seluruh SKPD dan Lembaga di daerah tersebut, untuk lebih fokus dalam mencegah penularan Virus Corona (Covid 19).

Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Loteng, H. Omdah, saat ditemui media ini, Kamis (02/04) mengatakan, pemeriksaan terpusat di fokuskan di RMI. Kendati telah diperiksa kesehatannya di tempat tersebut, tim kesehatan yang berada di RMI akan memberikan rujukan untuk melakukan karantina mandiri.

sedangkan di tiap UPT Puskemas, telah disiapkan Tim Reaksi Cepat (TRC). Tim tersebut bertugas melakukan pemantauan secara masif dan memastikan yang bersangkutan aman dari ancaman Covid 19.

"Di tiap Puskesmas, kami sudah siapkan TRC, untuk melakukan pemantauan terhadap yang bersangkutan. satu UPT Puskesmas, 5 tenaga  petugas,"katanya.

Sampai Tanggal 1 April 2020, Total warga yang telah menjalani pemeriksaan, tercatat PDP sekitar 7 orang, dengan rincian; lepas pantau 4 orang dan masih dalam pengawasan berjumlah 3 orang.

Sedangkan ODP sebanyak 55 orang, dengan rincian; sedang dalam pemantauan berjumlah 28 orang dan lepas pemantauan berjumlah 27 orang. Sebagian dari warga Loteng, merupakan TKI, Mahasiswa dan Pelajar Pondok Pesantren.

"Mereka semua warga Loteng. Apapun statusnya, mereka tetap kami tekankan untuk melakukan karantina mandiri,"cetusnya.

Apabila terdapat warga dari kabupaten lain, pihaknya tetap menekankan agar yang bersangkutan melakukan Karantina mandiri. Soal fasilitas kesehatan, ia memastikan seluruh peralatan yang digunakan untuk pemeriksaan, telah memenuhi standar.

Demikian juga dengan tenaga kesehatan, Pemda Loteng senantiasa menyiapkan kualitas dan kuantitas para dokter dan perawat, demi memaksimalkan pemeriksaan.

"Pemerintah daerah akan menjamin, apapun kebutuhan orang-orang yang diperiksa. termasuk masker, kebutuhan supplemen serta makan dan minumnya,"tegasnya.

ia mengimbau kepada masyarakat, khususnya di daerah tersebut, untuk bersinergi mendukung upaya pemerintah daerah dalam mengantisipasi penularan Covid 19.

"Sesuai dengan arahan Bapak Bupati kita. Untuk mengantisipasi Covid 19, semua unsur harus bergerak." pungkasnya.(rin)
Komentar

Tampilkan

Terkini