Breaking News

Waspadai Orang Tanpa Gejala, Bisa Menjadi Carier Covid-19

Kepala Dinas Kesehatan dr. Nurhandini Ekadewi mengingatkan agar waspada dengan Orang Tanpa Gejala yang bisa membawa virus corona

Mataram (postkotantb.com)- Penyebaran virus corona di NTB menunjukan grafik peningkatan yang signifikan. Hingga tanggal 11 April 2020 tercatat 33 kasus positif covid-19.

Selain itu jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 128 orang dengan perincian 52 PDP masih dalam pengawasan, 76 PDP selesai pengawasan/sembuh, dan 9 orang PDP meninggal.

Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) jumlahnya 3.658 orang, terdiri dari 1.570 orang masih dalam pemantauan dan 2.088 orang selesai pemantauan.

Yang cukup mengejutkan adalah jumlah Orang Tanpa Gejala yang berpotensi menjadi carrier (pembawa) virus corona.

Jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) yaitu orang yang kontak dengan pasien positif Covid-19 namun tanpa gejala hingga per tanggal 11 April tercatat sebanyak 9.259 orang, terdiri dari 6.923 orang masih dalam pemantauan dan 2.336 orang selesai pemantauan.


Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dr. Nurhandini Ekadewi menjelaskan, OTG tidak menunjukkan gejala terpapar covid-19 seperti batuk, flu, demam tinggi, sesak napas dan hilangnya pengecap rasa. OTG ini biasanya memiliki imunitas yang tinggi ataupun antibody yang baik. Tetapi akan berbahaya bila menulari orang lain yang memiliki antibody serta imunitas yang lemah.

Yang harus di lakukan oleh OTG adalah melakukan isolasi secara mandiri dan menerapkan social distancing. "Isolasi mandiri,14 hari, disini peran masyarakat untuk mengawasi, Kalau konsep sosial distancing tidak dikerjakan bisa terjadi menularkan ke orang lain," papar dr. Eka melalui whatssapp.

Sedangkan data Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG) yaitu orang yang pernah melakukan perjalanan dari daerah terjangkit Covid-19 per tanggal 11 April sebanyak 19.263 orang, yang masih menjalani karantina sebanyak 11.752 orang, dan yang selesai menjalani masa karantina 14 hari sebanyak 7.511 orang.

PPTG ini berasal dari berbagai tempat seperti para pekerja migran (TKI) yang kembali ke NTB serta orang yang datang dari daerah pandemik.(RZ)

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close