Ditlantas Polda NTB Catat Angka Kecelakan Lalu Lintas Hingga Bulai Mei Turun 25%

Dirlantas Polda NTB Kombes Pol Amin Litarso saat ikut terjun dalam operasi keselamatan Gatarin 2020 beberapa waktu lalu

Mataram (postkotantb.com)- Direktorat Lalulintas Polda NTB  merilis data kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Provinsi Nusa Tenggara Barat  dari  bulan Januari sampai dengan tanggal 12 Mei 2020  berjumlah 345 kasus dengan rincian meninggal dunia 75 0rang, luka berat 87 orang, luka ringan 390 orang dan kerugian materil diperkirakan 717. 450.000.

Dirlantas Polda NTB Kombes Pol Amin litarso S.H. menjelaskan dari 345 jumlah kecelakan tersebut yang tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM)  315 dan tidak mengunakan helm sebayak 294 dan di bawah umur 58  orang.

Menurutnya Amin litarso terjadinya kecelakan di NTB ini  di dominasi oleh pengemudi kendaraan roda dua dan tidak menggunakan helm. Selain itu banyak korban kecelakaan yang secara psikologis tidak bijak dalam menggunakan kendaraanya.


"Iya banyak pengendara yang tidak mengindahkan peraturan dan keselamatan dalam berkendara, terlebih tidak menggunakan helm padahal itu sangat penting bagi keselamatan si pengendara sendiri," jelas Dirlantas.

Namun angka kecelakaan pada tahun ini bila di bandingkan dengan tahun lalu dengan periode yang sama lanjut Amin terjadi penurunan. Bahkan bila di kalkulasi penurunan angka kecelakaan mencapai 25 persen.

"Kalu dibandingkan dengan tahun 2019 dengan periode yang sama terjadi penurunan angka kecelakan 463 termasuk jumlah yang meninggal dunia  147, luka berat 122, luka ringan 490 dan kerugian material 600 jutaan, sehingga terjadi penurunan sekitar 118 kasus dengan persentase penurunan 25 persen," papar Amin litarso.

Menurut Amin Litarso turunnya angka kecelakaan tersebut cukup menggembirakan. Meski demikian jajaran Dilantas Polda NTB tetap akan melakukan kampanye keselamatan berkendara khususnya penggunaan helm dan memiliki SIM. (Ali)