Tinjau Proyek Jalan Lingkungan, Azhar Temukan Paving Blok Bergelombang

Tinjau Proyek Jalan Lingkungan, Azhar Temukan Paving Blok Bergelombang

, Wednesday, June 24, 2020 WIB Last Updated 2020-06-24T12:30:49Z
Kadis Perkim H. Azhar memantau dan mengecek pengerjaan sejumlah proyek jalan lingkungan di Kabupaten Sumbawa
Sumbawa (postkotantb.com)- Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman NT H. Azhari meninjau dan memantau sejumlah proyek penataan jalan lingkungan di Kabupaten Sumbawa, Selasa (23/6).

Didampingi tim PPK dan konsultan, kali ini Azhar turun mengecek progress proyek penataan jalan lingkungan di empat titik lokasi di Kabupaten Sumbawa.

Lokasi pertama yang dikunjungi adalah pekerjaan jalan di Desa Uma Beringin (Kecamatan Unter Iwes, Sumbawa). Jalan lingkungan yang terbangun menggunakan paving block sepanjang 110m dengan pinggiran sirtu.

"Kancingan pinggir kurang lebar dan kualitas kancingannya kurang bagus. Sebaiknya lebar jalan berukuran standar sehingga kendaraan darurat bisa masuk, seperti mobil pemadam kebakaran dan ambulans ," kata Azhar.

Kepada tokoh masyarakat setempat, H. Multazam yang mendampingi peninjauan, Kepala Dinas Perkim NTB meminta agar masyarakat bisa menghibahkan tanahnya sehingga lebar jalan menjadi maksimal. "Misal dari sini mundur 1 meter, sana mundur 1 meter, lebar jalan akan maksimal dan yang untung tentu masyarakat di sini juga karena akses jalan yang lebih baik , " ujarnya yang di-amini oleh H. Multazam.


Di lokasi kedua, masih dalam kawasan yang sama, (Desa Uma Beringin, Kecamatan Unter Iwes, Sumbawa), tim menemukan kondisi paving block bergelombang di jalan sepanjang 160m tersebut. Di bagian pinggir, kualitas tidak bagus dan kancingan kurang lebar. Ditemukan paving block pecah di satu dua titik. Kepada kontraktor pekerjaan, Azhar langsung memerintahkan agar dilakukan perbaikan.

Di lokasi ketiga, RT 02 RW 06, Kelurahan Brang Bara, Kecamatan Sumbawa, tim menilai konstruksi jalan sudah bagus. Penggunaan aspal goreng (yang kualitasnya mendekati aspal hotmix), dikerjakan secara manual three wheel di jalan sepanjang 300m ini. "Drainase jalan sudah bagus, jalan bisa ditingkatkan dengan lapis pondasi LPA kelas A ," ujar Azhar.

Lokasi ke-empat yang dikunjungi tim adalah jalan lingkungan yang berjarak cukup dekat dengan pinggir laut, di Desa Labuan Alas, Kecamatan Alas, Sumbawa. Tim menilai kualitas jalan yang menggunakan lapen sudah memenuhi standar.

Kepada perangkat desa setempat, Azhar menyarankan agar membuat usulan sehingga jalan bisa diteruskan sampai dengan pelabuhan. "Secara bertahap, akses jalan yang bagus tentu akan meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat ," pungkasnya.(RZ)
Komentar

Tampilkan

Terkini