-->
  • Label

    Copyright © Pos Kota NTB
    Best Viral Premium Blogger Templates

    DPRD Provinsi NTB Dukung Pembangunan Jalur KA di Pulau Sumbawa

    , Wednesday, October 21, 2020 WIB Last Updated 2020-10-21T14:50:25Z

    Anggota Komisi IV DPRD Provinsi NTB, Bidang Infrastruktur dan Pembangunan, Ruslan Turmuzi

    Sumbawa (postkotantb.com)- Anggota DPRD Provinsi NTB, H Ruslan Turmuzi mendukung rencana pemerintah Provinsi NTB, perihal pembangunan jalur Kereta Api (KA) di Pulau Sumbawa.


    "Untuk mencapai sesuatu itu memang harus punya impian dan jalur kereta api ini realistis," ujarnya di Mataram, Rabu (21/10).


    Menurut anggota Komisi IV DPRD NTB Bidang Infrastruktur dan Pembangunan ini, pembangunan jalur KA di pulau tersebut, sangat dibutuhkan. Kata dia, keberadaan jalur KA dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, pembangunan serta mendukung pariwisata di lima kabupaten-kota yang ada di daerah. Bahkan, jelas Ruslan, dapat menunjang rencana pembangunan jembatan yang menghubungkan Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa.


    "Kita tahu, jarak tempuh antara Sumbawa sampai Bima itu sangat jauh atau kurang lebih hampir 700 kilometer. Bayangkan, jauhnya. Tetapi kalau ada kereta api maka efisiensi waktu yang selama ini menjadi kendala bisa diperpendek," jelasnya.



    Ruslan mengakui, meski pembangunan jalur KA tersebut masih dalam tahap perencanaan, hal itu menjadi pemicu agar dapat diwujudkan. Karenanya, lanjut dia, pihak DPRD berharap agar masyarakat mendukung rencana Pemerintah Provinsi NTB itu.


    "Jadi jangan melihatnya sekarang atau tidak ada anggaran, tapi coba pikirkan 5 atau 10 tahun kedepan manfaat atau keuntungan yang bisa kita petik dari adanya jalur kereta api,"cetusnya. 


    Ia menyebut,  terdapat beberapa hal yang belum dimiliki oleh NTB,di dalam mendukung roda pembangunan. Diantaranya, Kereta Api, Jalan Bypass dari Pelabuhan Lembar sampai Pelabuhan Kayangan dan jalan tol.


    Sebelumnya, Pemerintah Provinsi NTB, melalui Kepala Dinas Perhubungan NTB, H. Lalu Bayu  Windia, menyampaikan rencana pembangunan jalur KA di Pulau Sumbawa. Rute yang akan di bangun mulai dari Pelabuhan Poto Tano di Kabupaten Sumbawa Barat, sampai Sape di Kabupaten Bima


    Jika rencana itu terealisasi, akan berimbas pada pertumbuhan dan peningkatan ekonomi, serta merangsang kemajuan infrastruktur di kabupaten-kota di Pulau Sumbawa. Terkait pelaksanan survei, diprediksi akan terlaksana pada tahun 2021 mendatang.(rin/ANT)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini