-->
  • Label

    Copyright © Pos Kota NTB
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Rencana Pembangunan Jalur KA, Pangkas Jarak Tempuh Poto Tano-Sape

    , Tuesday, October 20, 2020 WIB Last Updated 2020-10-20T15:12:46Z

    Ilustrasi (foto: Harian Nasional)

    Mataram (postkotantb.com)-Pemerintah Provinsi NTB berencana  membangun jalur Kereta Api (KA) di Pulau Sumbawa.


    Kepala Dinas Perhubungan NTB, Lalu Bayu Windia mengatakan, pembangunan jalur kereta api itu untuk efisiensi waktu dan menghubungkan konektivitas moda transportasi di pulau terbesar di NTB itu.


    Sesuai rencana, jalur KA akan di bangun mulai dari Pelabuhan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) sampai Sape, Kabupaten Bima. Apabila rencana tersebut dapat terlaksana, maka akan memangkas waktu tempuh dari kabupaten-kota di Pulau Sumbawa.



    Lebih lanjut dijelaskan, mengenai jarak tempuh, pihaknya menetapkan standar minimalnya sekitar 500 Km. Jika di bawah itu, hanya cukup untuk moda trasportasi darat lain, salah satunya kendaraan bus.


    "Pembangunan ini untuk efisiensi jarak tempuh. Karena jarak Poto Tano sampai Sape itu 560 km," ujar Bayu, Selasa (20/10).


    Hal demikian sejalan dengan rencana pemerintah pusat yang akan membangun jalur kereta api di seluruh wilayah Indonesia. Terkait survei, Bayu menegaskan,  pelaksanaannya baru bisa dilakukan di tahun 2021. Khusus kebutuhan anggaran untuk jalur KA, tergantung bagaimana hasil survei yang dilaksanakan.


    "Semua tergantung dari hasil survei. Apalagi prosesnya juga masih panjang,"tutupnya.(rin/antara)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini