-->
  • Label

    Copyright © Pos Kota NTB
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Dandim 1608-2/Bima Sampaikan Poin Penting dalam Melestarikan Hutan

    , Wednesday, October 21, 2020 WIB Last Updated 2020-10-21T17:23:56Z

    Patroli: Rabu (21/10), Dandim 1608-2/Bima, mengajak seluruh pihak dan elemen masyarakat untuk menjaga dan melestarika Hutan.

    Kabupaten Bima (postkotantb.com)- Dalam pelaksanaan Patroli di So Tunda Laju Desa Mpuri Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, Rabu (21/10), Dandim 1608/Bima Letkol Inf Teuku Mustafa Kamal menyampaikan beberapa Poin kepada Koramil Jajaran.


    Penyampaiannya tersebut, terkait kepedulian seluruh pihak dalam menjaga dan memelihara kelestarian hutan serta tidak dialih fungsikan, karena dapat berdampak pada masyarakat sekitar. Dandim juga mengajak masyarakat agar senantiasa menjaga hutan. Khususnya masyarakat yang tinggal di kawasan Hutan. Menurut Dandim, kerjasama seluruh elemen masyarakat, sangat penting.


    "Hutan berfungsi sebagai sumber kehidupan. Jika terjaga dan lestari, kita dapat mewariskan kepada anak cucu kita di masa akan datang,"ajaknya.


    Salah satu contoh, lanjut Dandim,  aktivitas pembukaan lahan di hutan tutupan, merupakan hajat masyarakat demi membantu meningkatkan ekonomi serta hasil pertanian, baik berupa penanaman jagung maupun bawang. 


    Namun, lokasi hutan tutupan negara,harus dilindungi dan jaga fungsi serta kelestariannya untuk menghindari berbagai dampak yang ditimbulkan, jika hutan beralih fungsi, maka tidak dapat menahan cadangan air, menghindari terjadinya kekeringan, tanah longsor, banjir dan lainnya. Persoalan demikian akan mendatangkan kerugian jangka panjang yang tidak disadari, serta dapat berdampak pada timbulnya bencana alam.



    "Kurangnya kesadaran masyarakat, menyebabkan masih maraknya pembukaan lahan baru tanpa memikirkan dampak setelahnya," terang Dandim.


    Paling penting dan utama adalah kesadaran pribadi. Kemudian memberikan edukasi tentang pengelolaan hutan. Diantaranya dengan meningkatkan kepedulian, menggelorakan budaya wajib menanam di sekitar lingkungan sendiri, termasuk di sekitar hutan, tidak merusak atau melandang dihutan tutupan, tidak mengalih fungsikan hutan, tidak menebang pohon sembarangan atau melakukan pengerusakan hutan.


    "Harus ada kepedulian semua unsur dalam menjaga kelestarian hutan,"tegasnya.


    Kegiatan ini adalah merupakan sinergitas antara TNI, Polri dan instansi terkait, dalam hal patroli bersama di hutan serta memberikan imbauan kepada masyarakat yang tinggal di kawasan hutan untuk bersama sama dalam menciptakan situasi keamanan, menjaga kelestarian hutan lindung yang ada di wilayah Bima.


    "Kami hadir dalam Kegiatan yang diselenggarakan oleh BLH Prov. NTB beberapa waktu yang lalu dalam rangka bersinergi menjaga hutan menuju NTB Asri dan Lestari khususnya di wilayah teritorial Kodim Bima,” tandasnya.(rin)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini