Sudirsah Sujanto Sosialisasi Perda 7 Tahun 2020, Masyarakat Keluhkan Sanksi

Puluhan masyarakat mengikuti acara sosialisasi Perda nomor 7 tahun 2020 tentang penanggulangan penyakit menular di Desa Bentek Lombok Utara

Lombok Utara (postkotantb.com)- Anggota DPRD NTB dari Fraksi Gerindra Sudirsah Sujanto menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda)  Nomor 7 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Penyakit Menular di Desa Bentek Lombok Utara, Jumat (27/11).


Puluhan masyarakat dan tokoh agama serta tokoh adat dan pemuda, mengikuti kegiatan sosialisasi ini. Dari pemaparan yang di sampaikan oleh Sudir panggilan akrabnya, masyarakat menyetujui adanya perda tersebut namun mengeluhkan sanksi yang dianggap memberatkan masyarakat. 


Kepala Desa Bentek Warna Wijaya,S.AP mengatakan dirinya menyetujui di terbitkan Perda tersebut untuk memininalisir penyebaran penyakit menular terutama covid-19, namun dirinya juga meminta agar sanksi yang di tetapkan agar di evaluasi.


"Pada dasarnya kami menyetujui perda ini, tetapi sanksi berupa uang cukup memberatkan dimana kami saat ini juga masih kesusahan akibat dampak dari covid-19, kami meminta bagaimana perda khususnya sanksi ini di evaluasi," ujar Wijaya. 


Sementara Sudirsah Sujanto mengatajan sosialisasi Perda tersebut merupakan program yang telah di jadwalkan oleh Badan Musyawarah (Bamus)  DPRD NTB. 


Melalui sosialisasi ini di harapkan masyarakat mendapatkan informasi utuh mengenai Perda tersebut. 


"Ini adalah program DPRD yang sudah di jadwalkan Badan Musyawarah, dan saya rasa perda ini memang harus di sosialisasikan lebih masif lagi, biar masyarakat mendapatkan informasi utuh terkait regulasi serta sanksinya," papar Sudir. 


Terkait keluhan agar sanksi di evaluasi, Sudir menyatakan masukan dan aspirasi warga tersebut nantinya akan disampaikan saat rapat kerja dengan pemerintah daerah. 


"Nanti kita sampaikan dengan mitra kerja kita di komisi, tentunya masukan ini sangat berharga dan memang harus ada respon dari masyarakat sehingga apapun regulasi yang diterbitkan tidak merugikan masyarakat," pungkas Sudir. 


Sosialisasi Perda Nomor 7 tahun 2020 ini di lakukan mulai tanggal  27 - 30 November 2020. Sosialisasi di Desa Bentek merupakan titik pertama di jadwalkan ada tiga titik di KLU yang akan di lakukan sosialisasi oleh politikus Partai Gerindra ini.(RZ)