Dandim 1628/SB Tegaskan, TNI-Polri Siap Kawal Pilkada di KSB

Dandim 1628/SB tegaskan bahwa aparat TNI-Polri siap mengawal proses Pilkada Di KSB.

Sumbawa Barat (postkotantb.com) - Terkait seluruh tahapan hingga puncak penghelatan Pilkada pekan depan di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dandim 1628/SB Letkol Czi Sunardi S,T M.IP., menegaskan TNI-Polri siap mendukung terciptanya Pemilukada  yang tertib, aman  dan lancar.


"Kegiatan anev ini menjadi salah satu upaya steaholder terkait untuk bersinergi mewujudkan Pesta Demokrasi yang sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku,"tegas Sunardi, dalam kegiatan analisis dan Evaluasi (Anev), di Kedai Sawah, Kecamatan Taliwang, Selasa (1/12).


Pelaksanaan pilkada kali ini, agak berbeda. Sebab, saat ini masyarakat tengah dilanda pandemi virus Korona. Sehingga, selain pembahasan teknis kesiapan penyelenggaraan pemungutan suara, penerapan SOP protokol Covid 19 turut menjadi atensi bersama. 


Termasuk saat  masyarakat berada di TPS. Sehingga dibutuhkan semangat kebersamaan dalam upaya mensosialisasikan tata cara penerapan SOP protokol tersebut, demi mencegah dan memutus mata rantai virus.


"Harapan kita dapat mencegah terjadinya kalster baru penyebaran Covid -19 di KSB. kita semua berharap Pemilu Kada berjalan dengan baik serta memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat,"imbuhnya.


Senada disampaikan Kapolres KSB, AKBP Herman Suriyono S.I.K, M.H. Kata dia, Kegiatan anev ini sudah dilaksanakan sebanyak lima kali pertemuan. Melalui kegiatan ini, diharapkan kapolres dapat mencegah timbulnya permasalahan di setiap tahapan pilkada, mengingat  tahapan kampanye hanya tersisa 4 hari. 


"Tanggal 3 Desember akan dilaksanakan debat publik, sampai saat ini kami sedang berkoordinasi dengan pihak penyelenggara,"ujarnya.


Soal logistik, Dia meminta ketua KPUD KSB agar dapat memastikan waktu tiba sejumlah barang logistik. Sehingga seluruh perangkat pemilu kada siap tergelar demi menghindari munculnya kendala saat pelaksanaan dihari pencoblosan. 


Berkaitan dengan kegiatan lomba TPS Maras, jelas Kapolres, nantinya memiliki indikator 4 penilaian. Dia mengimbau agar setiap TPS di Kabupaten tersebut dapat mengikuti kegiatan ini.


Karena dapat meningkatkan semangat para petugas di TPS untuk memunculkan antusiasme masyarakat  dalam mengikuti pesta Demokrasi, khususnya di hari pemungutan suara.


"Kami berharap agar semua pihak dapat mengikuti setiap ketentuan yang telah disosialisasikan termasuk jadwal waktu yang telah ditentukan di TPSnya masing masing,"harapnya.


Di tempat yang sama, Ketua KPUD KSB, Deni Saputra menyampaikan bahwa seluruh Logistik sudah siap. Sebaliknya diakui memang ada beberapa item yang belum datang. Namun saat ini, barang tersebut sedang dalam perjalanan. 


"Bahanya dicetak diluar KSB dan rencana tanggal 3 dan 4 Desember sudah mulai mendistribusikan logistik Pemilu termasuk APD ketiap tiapTPS,"bebernya.


Sedangkan Ketua Bawaslu KSB, Karyadi berharap keterbatasan Pengawas bawaslu yang  bertugas di TPS, dapat diakomodir oleh aparat TNI dan Polri, sesuai kapasitas dan  ketentuan. Yaitu, membantu mengarahkan masyarakat agar pelaksanaan Pemilukada berlangsung tertib aman sesuai harapan.


"Jika ditemukan adanya pelanggaran dalam pelaksanaan pilkada agar semua diserahkan sesuai ketentuan berlaku,"pinta Karyadi.


Turut hadir dalam kegiatan Anev tersebut, Wakapolres KSB, Kompol Teuku Ardiansyah S.H, Kabag Ops Polres KSB, Iwan Sugianto S.H, Seluruh Dandramil di KSB, Seluruh Kapolsek dan Perwira Polres KSB, serta perwakilan steakholder terkait lainya.(rin)