DPRD NTB Dukung STIPark Ciptakan UKM Berkualitas

Raihan Anwar, SE, M. Si.

Lombok Barat (postkotantb) - Keberadaan UPTD Science Technology and  Industrial Park (STIPark) NTB, menurut Anggota DPRD NTB, Raihan Anwar, SE, M. SI, dapat membantu perkembangan wirausaha di NTB.

"Kami dari dewan mendukung, supaya STIPark dapat membantu menciptakan UKM yang berkualitas," ungkapnya usai kunjungan kerja di STIPar NTB, Rabu (27/1).

Kata dia, STIPar memiliki program dan ritme kerja yang jelas, fungsi koordinasi serta mampu mengumpulkan dan menfasilitasi pelaku UKM dalam menciptakan produk industri lokal.

Kendati demikian, informasi serta pengetahuan masyarakat atas mesin dan peralatan produksi lokal tergolong minim. Karena kuantitas produksi mesin masih terbatas. "Begini, masyarakat kita terbiasa melihat alat atau mesin dari luar yang diproduksi industri besar dan dijual di NTB," imbuhnya.

Raihan mengajak seluruh pihak agar senantiasa mendorong pertumbuhan industri lokal hingga skala nasional dan global, melalui produk lokal. Di sisi lain ditegaskan dia, kunjungan serta dukungan bukanlah pertanda, program  industrialisasi tuntas.

"Mari kita membuka cakrawala berfikir. Masalah indsutrialisasi juga dibutuhkan pertemuan bersama para pakar dan para ahli terkait program industrialisasi di NTB," cetusnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perindustrian NTB, Nuryanti, SE, ME mengungkapkan, pihaknya tetap menjalin koordinasi dengan dinas terkait pendaftaran sejumlah UKM yang telah melalui proses standarisasi. "Lebih dari 100 UKM yang sudah standarisasi dan kami ajukan ke Dinas perdagangan," ungkapnya.

Sebaliknya, pemerintah daerah sangat mendukung apabila ada pihak lain yang dapat menfasilitasi produk UKM. Sebab, hal demikian dapat memicu kemajuan produk lokal. Keberadaan STIPark sebagai purwarupa bagi produk industri lokal.

"Kami siap menjadikan mitra kerja. 2021 Kami menarget lima ribu UKM yang akan lahir," tutupnya.(RIN)