Lalu Ahyar: UMKM dan Pokdarwis Perlu Dibantu Modal

Insyaallah kita tengah upayakan pendanaan, biar nantinya para perajin kita tetap konsisten dalam

UMKM bersama para pegiat UMKM di Desa Penujak L. Ahyar menawarkan program reses nya kemarin
UMKM bersama para pegiat UMKM di Desa Penujak L. Ahyar menawarkan program reses nya kemarin

 Lombok Tengah (postkotantb.com) - Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) Lalu Ahyar melirik potensi yang dimiliki masyarakat di wilayah binaanya di dua Kecamatan yakni Kecamatan Praya Barat dan Praya Barat Daya.

Di Desa Penujak, Kecamatan Praya Barat misalnya, di tempat ini anggota dewan dapil IV, terfokus pada kemajuan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pemberdayaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

"Di Penujak baru baru ini pemerintah provinsi, meresmikan angkringan kuliner dan masyarakat membutuhkan pembinaan dan suntikan modal," katanya di kediamannya Sabtu (31/01).

Di masa reses kali ini, pihaknya akan mencoba menggenjot masyarakat untuk bisa memanfaatkan pusat angkringan yang ada dengan membuka usaha. Sehingga mereka bisa membantu kebutuhan keluarganya, lebihnya lagi di masa pandemi Covid-19.

Selain itu, sesuai informasi yang ia terima dari Kades Penujak di sebelah timur angkringan kuliner juga pemprov telah menjanjikan dibangun angkringan khusus kerajinan. Untuk menyambut hal itu, pihaknya tengah mempersiapkan lima dusun pengerajin, masing masing Dusun Toro, Tongkek, Kangi, Adong dan Dusun Tenandong Desa Penujak.

Lima dusun ini adalah pusat perajin dan di dusun ini pula nama Desa Penujak dikenal sebagai desa penghasil perajin sampai saat ini.

"Insyaallah kita tengah upayakan pendanaan, biar nantinya para perajin kita tetap konsisten dalam upaya peningkatan ekonomi kreatif," ungkapnya

Untuk dua program ini lanjutnya, pihaknya sudah melakukan kerja sama dengan karang taruna Desa Penujak. "Demi kelancaran dua program tersebut, kami bekerjasama dengan KTI Desa Penujak," paparnya.

Selain hal itu, penataan lingkungan dan kebersihan, juga tak kalah pentingnya jadi sorotan. Sebab menjadi desa yang asri dan enak dikunjungi, kebersihan harus diutamakan

Oleh karenanya, dimasing masing masing dusun akan dibuatkan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Selanjutnya di masing masing dusun ada penanggung jawab.

"Untuk program sampah kami sudah membahasnya bersama pihak desa dan karang taruna, dan di masing-masing dusun kita akan tempatkan TPS serta satu orang penanggung jawab," tutupnya. (AP)