Pengembangan Danau Lebo Butuh Dukungan Banyak Pihak

Edi menjelaskan, pihaknya mendapat bantuan dana dari BKSDA untuk penataan kawasan wisata tersebut. Dengan bantuan tersebut, Pokdarwis berkomitmen ....

Sumbawa Barat (postkotantb.com) - Dengan dukungan banyak pihak, destinasi wisata Danau Lebo di Kabupaten Sumbawa Barat diyakini akan berkembang. Destinasi wisata baru di KSB itu disebut memiliki potensi besar untuk mendongkrak perekonomian warga.

Pembina Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Danau Lebo, Edi Chandra Gunawan, mengatakan, proses untuk menata dan membuat tempat wisata ini menjadi indah butuh waktu kurang lebih tiga bulan termasuk menata UMKM. Hal ini dikatakan Edi saat launching destinasi wisata danau Lebo Taliwang dan UMKM Pakirum mandiri, akhir pekan lalu.

Edi menjelaskan, pihaknya mendapat bantuan dana dari BKSDA untuk penataan kawasan wisata tersebut. Dengan bantuan tersebut, Pokdarwis berkomitmen untuk selalu mengembangkan obyek wisata danau itu menjadi lebih baik.

"Kami tidak butuh sanjungan yang kami butuhkan dukungan dari stekholholder semuanya," ungkap Edi.

Dia juga meminta dukungan kepada pemerintah daerah berupa sarana dan prasarana seperti lapak untuk UMKM, tandem playing foxs 10 unit, fasilitas wahana anak-anak dan fasilitas jalan rawat beton. Bila peningkatan dukungan diberikan, dia meyakini wahana ini akan lebih banyak pengunjungnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin, mengatakan, pemerintah daerah memiliki tugas mendorong meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Semua leading sektor harus bergerak dengan serius membantu mengerakkan perekonomian masyarakat," tegas H. Firin.

Dia berharap agar dinas instansi terkait memperhatikan dan  mendukung pembangunan destinasi wisata itu. Dia juga berpesan kepada Pokdarwis untuk menjaga kebersihan dan menanam banyak pohon.

"Semua permintaan dari pembina danau Lebo, Insyaallah akan dipenuhi oleh masing-masing dinas-dinas," pungkasnya. (LNG05)