Polsek Senggigi Evakuasi Pohon Tumbang di Tengah Hujan Lebat

Kapolsek Senggigi Kompol Bowo Tri Handoko SE.SIK saat memimpin evakuasi mengatakan berawal

Kapolsek Senggigi Kompol Bowo Tri Handoko SE.SIK saat memimpin evakuasi pohon tumbang.
Kapolsek Senggigi Kompol Bowo Tri Handoko SE.SIK saat memimpin evakuasi pohon tumbang.

 Lombok Barat (postkotantb.com) - Dampak hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi di wilayah Kecamatan Batulayar, mengakibatkan pohon tumbang di dua titik di Senggigi, Jumat (29/1).

Kapolsek Senggigi Kompol Bowo Tri Handoko SE.SIK saat memimpin evakuasi mengatakan berawal dari informasi adanya pohon tumbang pada dua titik lokasi yang berbeda yang ada di Batulayar.

“Memang sejak siang hari hingga malam hari hujan lebat yang disertai angin kencang yang terjadi secara terus menerus di Batulayar,” ungkapnya.

Kemudian informasi dari masyarakat telah terjadi pohon tumbang di Desa Senteluk dan Desa Meninting Batulayar.

“Dengan kondisi ini memang sudah diperkirakan sebelumnya, berdasarkan penekanan dari kapolres bahwa peringatan BMKG saat ini hingga beberapa hari kedepan cuaca kurang bersahabat,” jelasnya.

Sehingga jajaran Polsek Senggigi yang telah bersiaga sebelumnya, langsung mengecek lokasi kedua lokasi tersebut, degan membawa peralatan yang telah disiapkan sebelumnya.

“Dalam evakuasi kondisi masih hujan, namun mengingat merupakan salah satu jalur utama sehingga sesegara mungkin harus dilakukan evakuasi,” katanya.

Di lokasi pertama pohon tumbang ukuran sedang jenis pohon Banten terjadi di samping Kafe Star Desa Senteluk, Kecamatan Batulayar.

“Di lokasi ini menutupi setengah badan jalan raya utama Senggigi, kemudian jajaran Polsek Senggigi memotong batang pohon tersebut, kemudian mengiring sisa-sisa pohon ke pinggir jalan agar tidak menghalangi bahu jalan,” ucapnya.

Sedangkan anggota lainnya melakukan evakuasi pohon tumbang ukuran sedang jenis nyiur tembesi, di depan Kantor KUA Batulayar.

“Pohon tumbang tersebut berhasil di potong dan dibawa ke pinggir jalan oleh masyarakat, di mana dari pihak kecamatan juga turun bersama dengan anggota Polsek Senggigi,” terangnya.

Dalam penanganan pohon tumbang tersebut bukannya tanpa kendala, di mana kabel listrik PLN melilit pohon tumbang di lokasi ini.

“Berkoordinasi dengan kantor PLN pembantu Senggigi untuk penanganan kabel listrik yang melilit tersebut untuk keselamatan petugas dan masyarakat yang melakukan evakuasi, maupun pengguna jalan,” tandasnya.

Penangan pohon tumbang ini akhirnya berhasil dilakukan hingga pukul 22.50 wita dan arus lalu lintas di wilayah Kecamatan Batulayar kembali normal.(RED)