Suhaili Dukung Wacana Perda Larangan Penjualan Lahan Strategis

Bupati Lombok Tengah HM. Suhaili mendukung wacana dewan tentang dibuatnya peraturan daerah tentang larangan penjualan lahan strategis.

Bupati Lombok Tengah HM. Suhaili
Bupati Lombok Tengah HM. Suhaili

 Lombok Tengah (postkotantb.com) - Bupati Lombok Tengah HM. Suhaili mendukung  wacana dewan tentang dibuatnya peraturan daerah tentang larangan penjualan lahan strategis.

"Saya dukung langkah DPRD yang ingin mendorong Pemda Lombok Tengah dilahirkannya aturan larangan penjualan lahan strategis ini," kata Suhaili kemarin

Meski begitu, Suhaili menyadari implementasi regulasi ini tidak akan mudah, jika dilihat dari karakter masyarakat Lombok Tengah.

"Kita tahu karakter masyarakat kita paling senang melihat uang secara kontan, makanya itu berat. Tapi tidak apa apa, namanya juga mencoba," ungkapnya.

Dikatakan, melarang orang membeli itu tidak ada aturannya. Sebab itu haknya seseorang, terkecuali memainkan lewat aturan menjual, itu baru bisa dilakukan, kendati itu berat.

"Kalau pembeli tidak ada salahnya sih, kalau membuat aturan menjual itu bisa, cuman berat," tambahnya.

Untuk Bali yang disebutkan sebagai percontohan oleh dewan, itu benar adanya. Sebab di Bali lahan lahan strategis yang dijual pemiliknya, sudah diatur pemerintah dan memakai sistem kontrak.

"Sistem kontrak seperti Bali itu sangat tepat, hanya saja kita belum bisa seperti Bali. Kan kita masih pembenahan menuju pusat wisata dunia," ujarnya.

Namun begitu, usulan dewan ini patut dicatat dan dipikirkan. Pihaknya berharap, pimpinan baru bisa memikirkan dan paling tidak bisa melahirkan perda yang mengatur tata cara penjualan lahan strategis. (AP)