Dinsos Sumbawa Salurkan 1.892 Kg Beras ke Korban Banjir Usar Mapin

Kepala Dinsos Sumbawa, Ayani, bersama Camat Alas Barat Sulaeman, S. Sos dan Kepala Desa Usar Mapin, Ismanto
 

Sumbawa (postkotantb.com)- Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sumbawa, menyalurkan Bantuan berupa  seberat 1.892 Kg Beras untuk warga Korban Banjir, Kecamatan Alas Barat. Bantuan ini diterima langsung Kepala Desa Usar Mapin yang di dampingi oleh Camat Alas Barat, Selasa (2/3).

Kepala Dinsos Sumbawa, Ayani mengatakan, beras yang disalurkan merupakan cadangan Kementrian Sosial melalui pemerintah daerah dan di titipkan di gudang Bulog Kabupaten Sumbawa.

"beberapa waktu yang lalu sudah kita berikan bantuan berupa beras, Mie Instan kepada warga yang terdampak banjir di desa Usar Mapin Kecamatan Alas Barat, dan ini merupakan bantuan yang kedua kalinya," ujarnya.

Kata dia, kegiatan penyaluran beras memiliki tahapan dan mekanisme, sesuai  keputusan Bupati Sumbawa, terhadap 100 bencana yang ada di Kabupaten Sumbawa. Dia menyebut Pembagian beras kepada korban bencana, dihitung sesuai konsumsi normal setiap hari, yakni sebanyak 400 gram perhari dengan dikalikan lima hari.

"Misalnya ada 200 jiwa dikali 400 Gram perhari dikali 5 hari, maka setelah dikalikan maka segitulah pembagian yang diberikan kepada masing masing penerima bantuan," sebutnya.

"Namun harus ada laporan masyarakat maupun melalui kepala Desa di ketahui Camat di lengkapi data bukti banjir dari mereka yang terdampak selama dua hari atau tiga hari,wajar mereka mendapat bantuan," sambungnya.

Diakui dia, bantuan beras dihajatkan untuk membantu korban bencana banjir. Di mana para korban tidak dapat bekerja, karena harus membenahi kembali rumahnya yang direndam banjir.

"Untuk pengambilan dan penyaluran beras bagi korban banjir, kalau ada laporan masuk, kita akan proses dan pengambilannya di gudang bulog harus disertai tanda tangan Bupati," imbuhnya.

Sementara itu, Camat Alas Barat Sulaeman, S. Sos., menyampaikan terima kasih atas bantuan Dinsos yang menyalurkan beras kepada warganya yang terdampak  banjir. Dengan adanya bantuan ini maka beban yang dialami warga kami bisa berkurang.

Senada disampaikan Kepala Desa Usar Mapin, Ismanto. "Kami menyampaikan  apresiasi kepada pihak Dinas Sosial, yang sudah menyalurkan bantuan kepada warga kami. Terima kasih," tutupnya.(LALU)