Metode Montessori Atasi Kendala Tumbuh Kembang Anak

Saat proses pembelajaran berlangsung di SD Futura Indonesia

Kupas Metode Edukasi ala Italia di Lembaga Pendidikan Futura Indonesia

Mataram (postkotantb.com)- Metode Pembelajaran Montessori yang digagas Dokter sekaligus ahli di bidang pendidikan asal negara matador, Italia, Maria Montessori, tengah menjadi trending di Indonesia, Khususnya di NTB. Kini, Metode yang diterapkan Lembaga Pendidikan Futura Indonesia ini, kian diburu para orang tua.

"Pendidikan di sekolah lebih berfokus kepada aspek kognitif seperti membaca,menulis dan menghitung. Padahal selain kognitif ada faktor yang sama pentingnya harus berkembang kepada anak-anak.” ujar salah satu orang tua murid  PAUD Montessori Futura Indonesia, Andin Dian Ayuningtyas, Rabu (17/3).

Lembaga Pendidikan Futura Indonesia, merupakan lembaga yang menonjolkan metode Montessori untuk mengatasi tumbuh kembang anak. Lembaga ini telah ada di beberapa kota besar di nusantara. Antara lain Jakarta, Tanggerang, Bandung, Yogyakarta, Bali, hingga NTB, yakni di Gunungsari, Lombok Barat dan Gili Trawangan, Lombok Utara. 

Jenjang pendidikan di lembaga ini, terdiri dari PAUD, TK SD, SMP hingga SMA. Sedangkan di NTB, lembaga tersebut berada di wilayah Gunungsari, Lombok Barat  dan Gili Indah, Lombok Utara. Menurut Andin, Montessori adalah model pendidikan yang sangat cocok dalam mengatasi tumbuh kembang anaknya. Karena metode ini disesuaikan dengan umur dan kebutuhan anak.

Selain Andin, Winda Tri Lestari menilai, metode montessori mampu melatih dan menuntaskan motorik anak, sebelum melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 

"Tujuan saya memilih Futura Indonesia, karena ingin melatih dan menuntaskan motorik anak saya sebelum masuk ke jenjang belajar yang lebih tinggi menjadi anak yang mandiri dan siap untuk hidup. Sekolah Futura Indonesia juga disediakan mainan edukatif yang belum pernah saya temukan di sekolah lain di Pulau Lombok.” bebernya.

Senada disampaikan Kurnia Wijiastuti dan juga Vidia Anisa. Diakui mereka orang tua, Montessori adalah metode yang melatih anak agar mandiri dan dapat mengatasi kebutuhan pribadinya dengan keterampilan hidup yang dia pelajari, sejak dini. Tentunya, sesuai tahap perkembangan usia, hingga kelak dewasa.

"Dalam metode Montessori, anak saya Banyu diarahkan untuk dapat berpikir kritis, berkolaborasi dalam tim (bukan berkompetisi,red), mandiri, dan teratur," ungkapnya.

Terpisah, Kepala SD Futura Indonesia, Fitriana menjelaskan, metode montessori merupakan metode pendidikan yang didasari pada psikologis dan tumbuh kembang anak. Tidak hanya itu, dalam proses pembelajaran, anak didik dibimbing untuk memilih sesuatu yang mereka senangi. 

"Guru bertugas mendampingi proses pembelajaran dengan ketentuan-ketentuan yang sudah ada," imbuhnya.

Sementara itu, wanita asal Jerman sekaligus juga dosen diploma Asosiasi Montessori Internasional (AMI) sekaligus Founder Sekolah Futura Indonesia, Gabriele Swoboda berpendapat, melalui metode ini, anak-anak diajarkan untuk berpikir sendiri, mandiri agar anak dapat menjadi insan yang merdeka. 

“Montessori itu juga artinya anak-anak belajar berpikir sendiri, mandiri supaya anak-anak menjadi orang yang merdeka.” tandasnya.(YAN)