H. Husni Djibril di Mata Muhammad Amin, SH; M. Si

M. Amin tak dapat menahan haru saat ikut mengantar Jenazah (Almh) H. M. Husni Jibril

Mantan Bupati Sumbawa Periode 2016-2021, H. M. Husni Djibril, B.Sc meninggal dunia dalam usia 65 tahun. Haji Husni menghembuskan nafas terakhir di Bandar Udara Soekarno Hatta tepat  pukul 12.15 Wita dalam rangka pulang dari berobat di Jakarta, didampingi istri dan putra sulungnya.  Jenazah telah dikebumikan Kamis, 11 Maret di Utan.

Didin Maninggara
Sumbawa


Menghormati jasa almarhum ketika menjabat sebagai bupati, Plh. Bupati Sumbawa telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 188.6/130/Humaspro/2021 perihal Pengibaran Bendera Setengah Tiang di lingkungan Instansi Vertikal, OPD, Kantor Camat Se-Kabupaten Sumbawa dan BUMN/BUMD.

Salah seorang sahabat almarhum, Muhammad Amin, SH., M. Si menyampaikan duka dan kehilangan paling dalam. Di mata M. Amin, mantan Wakil Gubernur NTB dan Ketua DPRD Sumbawa, H. M. Husni Djibril semasa hidupnya dikenal sebagai sosok yang ramah, dermawan, rendah hati, tegas dan suka humor.

Amin mengaku, selama berinteraksi dengan almarhum, baik saat bersama di DPRD Sumbawa maupun di DPRD NTB, Husni sangat memberi kontribusi pemikiran dalam membangun Sumbawa dan NTB.

Dalam konteks kepemimpinan selama lima tahun menjadi Bupati Sumbawa, Amin menilai, kinerja Husni telah membuahkan banyak prestasi dan juga capaian pembangunan yang mampu merubah wajah Sumbawa menjadi Hebat dan Bermartabat.

Ketika kabar wafatnya H.M.Husni Djibril diterima Amin, politisi senior ini bergegas menuju rumah duka di Utan. Dengan ekpresi sedih dan haru, Amin mengaku merasa kehilangan sahabat.

"Kita telah kehilangan seorang sahabat dan teman diskusi  yang selalu berpikir visioner tentang Sumbawa dan NTB ke depan, semoga Allah SWT melimpahkan magfirah, Rahmat dan menempatkan almarhumah di Jannah-Nya," ucapnya.

H. Husni Jibril mengawali karirnya sebagai Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa periode 1992 -1997. Kemudian Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa tahun 1999-2004. Sempat menjabat sebagai Anggota DPRD Provinsi NTB selama tiga periode dari tahun 2004 sampai dengan 2015 dan terakhir menjabat sebagai Bupati Sumbawa tahun 2016-2021.

Haji Husni meninggalkan seorang istri, tiga orang anak, satu menantu dan dua orang cucu. "Selamat Jalan Bapak Pembangunan Sumbawa, jasa-jasamu akan selalu terkenang di benak segenap masyarakat Kabupaten Sumbawa," ucap Amin menahan haru. (*)