Eks Kantor Disdik dan Dispora Loteng Disulap Jadi Pusat Oleh-oleh Khas Loteng

  

HL. Pathul Bahri saat memimpin aksi jumat bersih di Eks Kantor Disdik dan Dispora bersama jajaran OPD Loteng, Jumat (9/4).


Lombok Tengah (Postkotantb.com) - Bupati Lombok Tengah (Loteng), HL. Pathul Bahri memimpin pembersihan eks Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dinas  Pemuda dan Olahraga (Dispora) Loteng, Jumat (9/4) pagi. Belakangan diketahui jika dua Eks kantor dinas yang terletak di sebelah Utara Bencingah Adiguna Praya tersebut bakal disulap menjadi pusat oleh-oleh khas produk lokal masyarakat Loteng.

“Di sini nanti akan kita jadikan sebagai pusat oleh-oleh khas produksi masyarakat Lombok Tengah,” ungkap Pathul Bahri di hadapan media saat memimpin aksi bersih-bersih di lokasi, Jumat (9/4) pagi.

Dalam aksi Jumat bersih tersebut, Bupati mengerahkan ratusan personil lingkup pelayan masyarakat Loteng yang berasal dari Pol PP, Petugas Kebersihan, Pemadam Kebakaran dan dari OPD lainnya. Dari pantauan media, kondisi bangunan tersebut nampak sudah tak semulus saat ditinggalkan. Jendela dan pintu kantor raib digondol maling. Bahkan keramiknya juga ikut diangkut.

Meski demikian, Bupati menegaskan, nantinya eks kantor Disdik dan Dispora itu akan dijadikan outlet atau pusat oleh-oleh dari hasil kerajinan tangan anak-anak Loteng dan para pengerajin.

“Semua produk UMKM dan IKM Lombok Tengah nanti dipajang di tempat ini untuk dijual kepada tamu-tamu pusat ataupun masyarakat lokal,” kata Bupati.

Bupati pun memastikan, bahwa produk yang ditampilkan nanti ialah produk lokal hasil olahan dari masyarakat Tatas Tuhu Trasna (Tastura). Dan ia tak ingin ada produk daerah luar yang masuk ke dalam outlet.

“Pemda memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan usaha masyarakat, makanya jangan ada produk luar dijual di sini,” jelasnya.

Mantan Wakil Bupati Loteng ini juga mengutarakan, bahwa pada bulan Ramadhan mendatang Pemkab akan menggelar Bazar di Becingah Adiguna Praya. Itu diprakarsai dan dimunculkan untuk meransang pertumbuhan ekonomi dan produktifitas UKM di Loteng.

“Ya nanti pada Ramadhan kita buka bazar juga,” ujarnya. (AP)