Kasek SMKN I Prateng Ingatkan Siswa Agar Jaga Almamater

Kepala Sekolah SMKN 1 Praya  Tengah Loteng Asfian Husnayanto 

Setelah Melepas 241 siswanya ikuti PKL

Lombok Tengah (Postkotantb.com)- Kepala SMKN 1 Praya Tengah Lombok Tengah (Loteng), Asfian Husnayanto menjelaskan, setelah melepaskan siswanya berangkat Praktik Lapangan Kerja (PKL), pihaknya selalu mengingatkan kepada seluruh siswa, untuk mengedepankan sopan santun, di setiap instansi atau tempat mereka melaksanakan PKL.

Selain itu, nama baik almamater atau sekolah juga tidak kalah pentingnya, ia meningatkan  para siswa saat berada diluar lingkungan sekolah, sehingga nama baik sekolah tetap terjaga dengan baik.

"Di samping keahlian mereka kita matangkan sebelum kita lepas, tak kalah pentingnya etika dan adab sopan santun juga kami ingatkan setiap waktu, agar nama baik sekolah tetal terjaga di tempat mereka melaksanakan PKL," ungkaonya kepada media ini di ruang kerjanya, Senin (26/04).

Pelaksanaan PKL tahun ini,meruoajan yang kedua kalinya, dimana pada awal tahun 2021 pihaknya juga melepas 212 siswa lakukan PKL, di sejumlah instansi, BUMN dan Lembaga lainnya. 

"Untuk gelombang pertama, kami sudah lepas 212 siswa, terhitung dari awal Januari hingga Maret lalu, dilanjutkan dengan PKL gelombang ke dua dengan jumlah siswa 241orang, terhitung bulan Maret dan akan berakhir bulan Juni mendatang," terangnya.

Kenapa pihaknya memerapkan dua gelombang,hal itu dikarenakan jumlah siswa cukup banyak, sehingga mau tidak mau pihaknya membagi menjadi dua gelombang. "Siswa kita yang ikuti PKL, tahun ini diatas 400 orang. Sehingga kita pakai sip sippan," cetusnya.

Diakuinya, menilik hasil pelaksanaan PKL pada gelombang pertama, masing masing instansi ataupun BUMN, lebih banyak yang meminta untuk dikirimkan lagi, sehingga beberapa instansi ataupun BUMN yang bersurat yamg utamakan, artinya yang meminta langsung kami respon dan mengirimkan siswa lagi.

"Jika tidak dinilai dan melihat hasilnya bagus, tidak mungkin instansi ataupun BUMN, meminta lagi. Dan kami sangat bersyukur arahan yang sudah kita berikan untuk menjaga nama baik sekolah, terbukti tempat  PKL sebelumnya meminta untuk dikirimkan lagi," bebernya.

Dikatakan, semua siswa yang dikirim semuanya merata dari seluruh jurusan yang ada di sekolah. Mulai dari jurusan  perkantoran, pemasaran, perbankkan, akuntansi, multimedia, tata boga, perhotelan, UPW dan DKP. Pungkasnya (AP)