PKK Pusat Apresiasi Revitalisasi Program Dasawisma di NTB

Ketua Umum TP PKK Pusat, Tri Tito Karnavian didampingi Ketua TP PKK Provinsi NTB, Hj Niken Saptarini Widiyawati
Mataram (postkotantb.com)-Semangat merevitalisasi program Dasawisma di Provinsi NTB mendapatkan respon baik dan diapresiasi dari Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat, Tri Tito Karnavian.

Program Dasawisma merupakan program kerja PKK mulai dari pusat sampai ke desa-desa, yang terdiri dari kelompok ibu dari 10 kepala keluarga (KK), yang melakukan aktivitas bermanfaat bagi keluarga.

Terutama kegiatan mewujudkan program-program dalam bidang meningkatkan ketahanan keluarga, baik ekonomi, pendidikan dan kesehatan.

‘’Saya sangat bangga mendengar bahwa semangat Ibu Hj Niken menggalakkan program revitalisasi Dasawisma di NTB menunjukkan progres yang bagus,’’ kata Ketua Umum TP PKK Pusat, Tri Tito Karnavian, saat rapat koordinasi (Rakor) bersama pengurus TP PKK se-NTB, di Ball Room Hotel Katamaran Senggigi Lombok Barat, pada Jumat (23/4).

Menurut istri Mendagri itu, seiring berjalannya waktu yang dipengaruhi oleh pergeseran sosial dan budaya di tengah masyarakat membuat keberadaan Dasawisam di desa-desa jarang diketahui masyarakat luas.

Sehingga tugas dan tanggung jawab kelompok ibu-ibu dalam membentuk ketahanan keluarga yang lebih baik, tidak berjalan semestinya.

‘’Dengan adanya program revitalisasi Dasawisma yang terus digenjot oleh TP PKK Provinsi NTB dapat mempercepat terwujudnya program-program yang mengarah pada pembentukan keluarga sejahtera,’’ ujarnya.

Dijelaskannya, dengan semangat menggalakkan revitalisasi program Dasawisma di setiap desa, diharapkan dapat ikut membantu pemerintah dalam menekan angka stunting atau gizi buruk yang mempengaruhi tumbuh kembang anak.

Apalagi di tengah Pandemi Covid-19 yang memiliki dampak yang cukup komplek, terutama dampak kesehatan bagi anak-anak yang rentan terhadap stunting. ‘’Kita harus betul-betul perhatikan bagaimana menurunkan angka stunting di setiap daerah. Begitu juga dengan masalah kematian bayi dan ibu hamil,’’ katanya.

Dalam kesempatan itu juga, Ketua TP PKK Provinsi NTB, Hj Niken Saptarini Widiyawati menyampaikan, PKK dengan salah satu programnya yaitu Dasawisma menjadi bagian yang penting yang harusnya mendapat perhatian khusus.

Program tersebut diharapkan mampu untuk dapat memberdayakan kelompok PKK hingga ke kelompok terkecil, dengan harapan mampu melahirkan generasi yang tangguh.

‘’Revitalisasi Dasawisma adalah salah satu upaya kita untuk membantu pemerintah dalam menangani penyebaran Pandemi Covid-19 dan dapat semakin meningkatkan ketahanan kelurga di tengah wabah. Alhamdulillah, kita akan selalu mendukung dan mengapresiasi program revitalisasi Dasawisma dari pusat,’’ kata Hj Niken.

Menurut Hj Niken, program Dasawisma memiliki potensi yang sangat besar sebagai benteng ketahanan keluarga di tengah Pandemi Covid-19. Untuk itu, TP PKK Provinsi hingga ke kabupaten/kota sudah mengaktifkan kembali Dasawisma di NTB, yang kini sudah mencapai 1.600 lebih kelompok Dasawisma.

‘’Kami menyadari bahwa 10 program pokok PKK yang sangat bagus ini tidak akan sampai ke keluarga-keluarga di pelosok tanpa adanya kelompok Dasawisma yang baik,’’ ujarnya.

Hj Niken mengatakan, kegiatan sosialisasi program revitalisasi dasawisma kepada pengurus PKK tingkat kabupaten/kota terus diperkuat.

Sehingga memiliki pemahaman yang sama mengenai pentingnya Dasawisma dibentuk dan diaktifkan kembali. Mengingat revitalisasi Dasawisma sangat relevan dengan program revitalisasi Posyandu yang terus digencarkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB saat ini.

Dengan demikian, maka TP PKK NTB mempunyai modal yang cukup untuk segera melaksanakan program revitalisasi Dasawisma di tingkat provinsi hingga ke desa-desa. ‘’Insya Allah, teman-teman TP PKK NTB akan lebih semangat lagi untuk memperdayakan Dasawisma agar membantu pemerintah dalam meningkatkan ketahanan keluarga dan menangani Covid-19,’’ ucapnya.

Dalam rakor tersebut, Ketua Umum TP PKK Pusat, Tri Tito Karnavian juga menyerahkan bantuan 12.000 masker yang diterima langsung oleh Ketua TP PKK Provinsi NTB, Hj Niken Saptarini Widiyawati. Juga turut dihadiri oleh kepala Dinas P3AP2KB NTB, Dinas Pemdidikan dan Kebudayaan NTB serta seluruh perwakilan TP PKK kabupaten/kota se-NTB.(RIN)