Ratusan Pemuda Lombok Tengah Ikut Pendidikan Calon Marshal

MARSHAL: ratusan pemuda tengah mengikuti pelatihan marshal

Lombok Tengah (postkotantb.com)- Menyambut gelaran MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Lombok Tengah (Loteng), 450 pemuda mengikuti pelatihan perdana sebagai calon marshal. Para pemuda ini, dilatih untuk memahami tugas dan fungsi marshal. Sebelum pelatihan, para pemuda yang menjadi peserta pelatihan akan mengikuti tes swab.

"Setelah pelatihan ini, akan ada lagi pelatihan lanjutan. Namun, setelah sirkuit sudah jadi," kata Dyan Dilato Head Operation Sporting Mandalika International Street Circuit.

Diakui dia, para petugas Marshal sebagian besar adalah pekerja sukarela yang bertanggung jawab atas keselamatan para pembalap motor. Marshal ditempatkan di berbagai titik bahaya, di sekitar trek balap untuk membantu jika terjadi tabrakan, kecelakaan, atau masalah trek pada pembalap.

Tugas marshal juga dikenal sebagai pekerja lapangan, pekerja sudut, kru sudut, marsekal belok, marsekal sudut, pekerja keselamatan lintasan atau (dalam reli) marsekal. Setiap Marshal harus memahami penggunaan bendera. Karena seorang marshall, terutama flag marshall (petugas bendera, red) bisa memegang sampai delapan bendera dengan warna yang berbeda.

"Marshal harus cerdas dan lincah. Dia harus terus memperhatikan jalannya race terutama di dalam arena," imbuhnya.

Dijelaskan, Warna-warna bendera yang di pegang oleh flag marshall mempunyai arti tersendiri. Diantaranya, Bendera Merah artinya Balapan dihentikan, semua pembalap kembali ke Grid  atau Pit. Bendera Kuning artinya Hati-hati, ada kejadian di depan, semisal insiden tabrakan. Pembalap tidak diperkenankan menyalip.

Bendera Kuning strip Merah dikibarkan, apabila Di dalam lintasan ada benda seperti pecahan dari bagian body kit mobil, ada oli di lintasan dan lain sebagainya. Bendera  Hijau menandakan Lintasan aman, boleh menyalip. Bendera Putih artinya, Selain kendaraan pembalap, ada kendaraan lainnya dalam sirkuit, salah satunya Mobil derek atau ambulan.

Bendera hitam dikibarkan diikuti papan nomor start peserta. Karena ada peserta yang mendapatkan hukuman atau diskualifikasi. Peserta tersebut harus keluar dari lintasan. Sedangkan bendera biru dikibarkan untuk memberitahukan kepada pembalap bahwa di belakangnya, ada mobil yang akan over lap.

Kemudian Bendera Hitam Bulatan Oranye  berfungsi untuk memberikan perintah untuk segera masuk ke pit dan selalu diikuti oleh papan nomor start.

Selain flag marshall, ada Course Marshall yang bertugas menjaga lintasan agar tetap laik untuk perlombaan, sekaligus membantu kendaraan peserta balap yang mengalami gangguan. Paddock Marshall bertugas membantu memberikan informasi kepada peserta maupun pimpinan lomba atau hal-hal lain, selama peserta berada di Paddock area.

Pit Marshall bertugas membantu dan menjaga area Pit agar senantiasa dapat digunakan oleh peserta. Sehingga peserta yang akan ke grid posisi, tidak mengalami  hambatan. Marshal dituntut disiplin dan kerja keras.

Sebelum pertandingan, Marshal harus stand by di pos masing-masing dan akan di chek oleh petugas kesiapannya. Nantinya, pihaknya membutuhkan tenaga  di sirkuit mandalika sebanyak 340 orang. Namun yang mendaftar sebanyak 500 orang. Sehingga akan ada yang gugur.

"Kita punya sekitar 17 pos dan satu pos itu 10 orang Marshal," cetusnya.

Dikatakan, jumlah peserta sudah ditentukan dan akan bergelombang. Hal demikian merupakan salah satu cara menghindari kerumunan. Termasuk jarak peserta sudah diatur. "Kita saat ini sedang berada di masa Covid-19, makanya semua Prokes kesehatan tetap kita kedepankan," tutupnya.(AP)