Tenaga Non ASN BPBD Lotim Masuk Peserta BPJS Ketenagakerjaan

BPJS: untuk mengantisipasi resiko kerja, seluruh tenaga non ASN BPBD Lotim masuk sebagai peserta BPJS Kesehatan

 Lombok Timur (postkotantb.com)- langkah antisipasi resiko kerja, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Timur (Lotim), telah mengcover seluruh tenaga non ASN sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Preminya atau angsuran bulanannya ditanggung oleh pemerintah daerah," ungkap Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Lotim, Iwan Setiawan, saat acara Penyerahan Santunan terhadap Almarhum Lalu Bambang Budianto, anggota Forum Jurnalis Lombok Timur (FJLT), sekaligus sebagai pegawai honorer di BPBD Lotim Selasa (6/4).

Diakui, saat ini hanya ada beberapa OPD yang sudah didaftarkan oleh Pemda Lotim sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Itupun OPD dengan resiko kerja yang membahayakan keselamatan anggota OPD.

Namun ke depan, pemerintah setempat akan mengupayakan semua anggota OPD yang masih honorer, segera didaftarkan sebagai anggota BPJS Kesehatan.

"Saat ini yang sudah tercover BPJamsosteknya oleh pemerintah daerah adalah BPBD, DLHK, dan Damkar. Karena mereka memiliki resiko kerja bahkan dapat mengancam keselamatan. Begitupun untuk OPD yang lain akan segera didaftarkan," bebernya.

Sementara itu, Kepala Cabang BPJamsostek Lotim, Akbar Ismail menjelaskan, terdaftarnya seluruh anggota beberapa OPD merupakan tonggak sejarah di Gumi Patuh Karya ini. Dia berharap, pemerintah daerah segera mendaftarkan seluruh seluruh OPD ke BPJamsostek agar memperoleh jaminan kesejahteraan sosial.

"Ini merupakan tonggak sejarah di Lotim, karena semua anggota OPD akan segera menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan," jelasnya.(RED)