DPD GEOMARITIM NTB, Dukung Sepenuhnya Bandara Kiantar.

 

 

DPD GEOMARITIM NTB,  Dukung Sepenuhnya Bandara Kiantar

Mataram,  (Poskotantb.com)

Dalam mewujudkan kebijakan poros maritim, aspek geomaritim harus menjadi bagian penting. Paradigma geomaritim ini merupakan strategi mewujudkan poros maritim dunia dalam perspektif geografi.

Baehaki Purnawan ST Ketua DPD Geomaritim NTB mengatakan kepada media terkonfirmasi minggu ( 30/05 ) , bahwa  Peran transportasi udara dalam poros maritim Nasional Indonesia sangatlah penting. “Kalau kita bicara mengenai maritim, tidak akan berarti tanpa kita dapat mendistribusikan logistik kepada lokasi-lokasi yang sulit yang hanya bisa dilakukan oleh sektor penerbangan,” ujar  Baehaki

Salah satu program yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat ini adalah pengalihan Bandar Udara dari Sekongkang ke Desa Kiantar adalah untuk  meningkatkan aksesibilitas orang dan barang di seluruh Indonesia, dengan memanfaatkan aset laut. Upaya tersebut diwujudkan dalam bentuk Poros maritim Nasional. Program tersebut tidak hanya memanfaatkan moda transportasi laut namun juga transportasi udara khususnya Pesawat Udara berperan dalam mewujudkan poros Maritim Nasional.

Sejalan dengan program Nawacita Pemerintah Sumbawa Barat,   pemerintah melakukan suatu upaya keseimbangan daerah strategis bagian pantau utara tepatnya di Wilayah Desa Kiantar untuk membangun Bandara baru,  hal ini sebagai langkah yang tepat,  karena kawasan tersebut metupakan kawasan strategis dan merupakan pintu gerbang ekonomi daerah khususnya dan Pulau Sumbawa pada umumnya  “ Kita tahu saat ini para investor enggan datang berinvestasi ke Sumbawa Barat,  karena jangkauan waktu sangat lama,  karena sumbawa barat booeh dikatakan sebagai daerah tujuan,  namun dengan hadirnya Bandara di daerah strategis akan mempermudah para investor datang untuk berinvestasi ” kata Baehaki

Menurut Baehaki, dibutuhkan kerjasama semua pihak untuk mempermuda proses pembebasan lahan dengan harga yang sudah maksimal, untuk mewujudkan program konektivitas yang menggabungkan rute-rute tol laut, short sea shipping dan rute Domestik lainnya.

” Selaku ketua geomaritim NTB,  sangat mendukung kehadiran bandaran kiantar tersebut,  karena mempunyai nilai ekonomis yang sangat strategis ” katanya mantap (Sakti/Jim)