PD Argo Selaparang Salah Satu BUMD Penopang PAD, Ini Pesan Bupati Lotim

Direktur PD Argo Selaparang Sukirman (kiri) saat menyampaikan laporan pertanggungjawaban



Lombok Timur (postkotantb.com)- Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Perusahaan Daerah (PD) Agro Selaparang tahun 2020 dilaksanakan pada Senin 31 Mei 2021. Bupati Lotim HM Sukiman Azmy, Asisten II Setda Lotim, dan sejumlah OPD hadir pada kesempatan tersebut. Demikian pula pimpinan BUMD se-Lotim.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati  menyampaikan bahwa apa yang dihasilkan oleh jajaran Direksi sekarang ini bisa menumbuhkan optimisme perusahaan dan Pemda. Hal tersebut terkait kondisi sejumlah BUMD yang belum memberikan sumbangsih berarti pada kas daerah. PD Agro Selaparang dinilai dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan baik.Bupati berharap eksistensi PD Agro Selaparang tetap bisa dipertahankan untuk mencapai dua hal.

''Dua hal yang saya maksudkan yaitu untuk mengatasi kesulitan masyarakat di bidang usaha serta memberikan kesempatan bagi putra-putri terbaik Kabupaten Lotim untuk mengabdi dan berkarya,'' jelasnya.

Sementara itu, Direktur PD Agro Selaparang Sukirman memaparkan, dari hasil kinerja Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu, selama ini total pendapatan BUMD pada 2020 sebesar Rp. 4.692.514.749. Angka ini naik dibandingkan pada 2019 sebesar Rp. 2.039.460.359 atau mengalami peningkatan sebesar Rp. 2.653.054.390 atau (130%). Sementara untuk laba pada 2020 tercatat sebesar Rp. 218.867.055, setelah tahun sebelumnya mengalami kerugian sebesar Rp. 221.657.489.

''Kendati kinerja perusahaan menunjukkan peningkatan, akan tetapi hal tersebut tetap menjadi bahan evaluasi ke depan bagi jajaran direksi dan dewan pengawas untuk  mengembangkan usaha yang  ada secara maksimal dan mencari terobosan-terobosan usaha lain yang lebih produktif,'' kata Direktur kelahiran Desa Kabar Kecamatan Sakra itu.(iwan)