Tertibkan Adminduk, Bupati Loteng Lounching Program Begerusuk

BEGERUSUK: Bupati Lombok Tengah membuka lounching program Begerusuk

Lombok Tengah (Postkotantb.com)- Menertibkan Administrasi Kependudukan (Adminduk), Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Tengah (Loteng), melounching program program Bersama Kita Gerakkan Mengurus Adninistrasi Kependudukan (Begerusuk).

Penandatanganan program tersebut dipusatkan di Ball Room Lantai 5 Kantor Bupati setempat.

Kepala Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Dukcapil) Loteng, Baiq Anita Nindiana menerangkan, Begerusuk atau bersama kita gerakkan mengurus administrasi kependudukan. Ini adalah salah satu program dukcapil, dalam rangka menertibkan dan memberikan kemudahan dan pelayanan adminduk kepada masyarakat.

“Program begerusuk ini nantinya, dibuatkan loket pelayanan di masing masing Kecamatan se Loteng, mulai dari melayani pembuatan KTP, rekam jejak hingga pencetakan KTP Elektronik, Akta Kematian, Akta Kelahiran dan lainnya,”ketusnya. Senin (24/05)

Dijelaskannya, sebelum program begerusuk ini dilaunching, dukcapil sudah melakukan percobaan di 12 Desa dari 12 Kecamatan.  Desa desa yang sudah ditunjuk, itu nantinya sebagai desa percontohan tertib adminduk.

“Desa yang sudah melaksanakan tertib Adminduk, itu nantinya kita akan tunjuk sebagai desa percontohan. Semoga apa yang diprogramkan dukcapil tepat sasaran dan masyarakat senang," harapnya..

Sementara itu, Bupati Loteng HL. Pathul Bahri S.Ip, begerusuk erat kaitannya dengan bahasa Sasak dan semua orang memahami makna dari bahasa begerusuk.

"Bahasa begerusuk saya yakin semua masyarakat sudah tau artinya kalau kita maknai bahasa itu, insyaallah menyisir seluruh elemen sampai kampung kampung," Terangnya.

"Erat kaitannya dengan bahasa Sasak, program begerusuk yang dicanangkan Dukcapil bagi saya sangat tepat, guna mewujudkan pelayanan pembuatan adminduk hingga ke pelosok-pelosok desa," imbuhnya.

Melengkapi administrasi kependudukan lanjutnya, sejatinya adalah salah satu element yang sangat penting untuk melancarkan pembangunan di Loteng. "Semoga hajatan lahirnya program ini, menuai hasil demi pembangunan Loteng," tutupnya. (AP)