Disnakkeswan Lotim Gandeng BNI dan BRI Untuk Salurkan Dana KUR Ke Peternak.

Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Lotim drh.Achsan Nasirul Huda


Lombok Timur (postkotantb.com) - Pemda Lotim melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan masih membuka peluang bagi warga Lotim yang ingin mengembangkan usaha ternaknya dengan mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Pemda berharap dengan dana yang diperoleh dari KUR itu, para peternak akan bisa mengembangkan usaha ternaknya agar semakin menjanjikan.

''Selama ini banyak peternak yang masih ngadas. Hasilnya bagi dua sama pemilik sapi. Jadi itu akan sulit berkembang usahanya. Nah! Dari itu kami sudah buka KUR bekerjasama dengan BNI dan BRI untuk memberikan kemudahan bagi peternak,'' kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lotim drh. Achsan Nasirul Huda di ruangannya, Kamis (03/06).

Lanjutnya, dana KUR yang sudah diasuransikan langsung oleh Pemda tersebut terbilang menggiurkan, karena tanpa agunan dan tanpa bunga bank alias nol persen. Jumlah dana KUR yang diterima oleh para peternak adalah 15 juta per orang melalui pengajuan dalam bentuk proposal bagi para kelompok ternak.

''Alokasinya adalah untuk pembelian sapi jantan. Syarat pengajuannya cukup mudah, warga hanya menyiapkan SKU dari desa yang disertakan buku nikah, KTP, dan KK,'' imbuhnya.

 

Pincab BRI Selong Aroep Sarifudin


Pimpinan Cabang Bank BRI Selong Aroef Sarifudin saat dikonfirmasi postkotantb.com, Jumat 4/6/2021 mengatakan, sebenarnya program KUR untuk peternak tersebut sudah berjalan sejak September 2020 silam.

''Program ini sudah dari September 2020,'' kata Aroef.

Sampai saat ini, lanjutnya, pihaknya sudah melayani lebih kurang 600 orang peternak dari target 2.000 orang. Ke depan, ia berharap Pemda akan terus menjalin kerjasama dengan pihaknya karena jika melihat perekonomian masyarakat dari sektor peternakan cukup menjanjikan dan para peternak Lotim dilihatnya sangat antusias dengan program tersebut.

Ditanya keuntungan yang diperoleh pihaknya dari kerjasama dengan Pemda tersebut, ia mengatakan kerjasama tersebut murni bentuk perhatian BRI kepada para peternak untuk membantu kesejahteraan masyarakat Lotim.

''Itu murni bentuk perhatian kami bagi para peternak di Lotim untuk terus mengembangkan usaha ternaknya,'' jelasnya. (Iwan)