Lomba KUA Teladan Tingkat Provinsi, Kepala KUA Kopang Optimis Juara

Kepala KUA Kopang Aenuddin Fahri

Lombok Tengah (Postkotantb.com)- Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kopang Kecamatan Kopangs Kabupaten Lombok Tengah, oftimis juara lomba KUA teladan tingkat Provinsi.

Kepala KUA Kopang Aenuddin Fahri SH.i mengaku, Keoftimisannya bakal mampu memboyong piagam penghargaan, dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) NTB, sebagai KUA teladan. 

Mengingat segala persyaratan sudah dimatangkan. "Semua sudah kita siapkan, dan kami sudah siap dinilai," katanya, Selasa (15/6).

Adapun persiapan yang sudah dilakukan, mulai dari administrasi, penataan lingkungan dan sejumlah persiapan lainnya yang menyangkut penilaian, sudah dipersiapkan semuanya. 

"Hari ini jadwal kami dinilai oleh tim dari kanwil Kemenag NTB, dan kami sudah siap," akunya.

Sementara itu dalam pemberitaan sebelumnya kepala kanwil kemenag NTB DR. KH Zaidi Abdad sudah mengumumkan, dalam rangka mengenang setahun menjabat, Kepala Kakanwil Kemenag NTB, pihaknya berkomitmen dan optimis bulan Juli 2021 mendatang, lahirnya KUA pilot project atau KUA pelopor di setiap Kabupaten Kota se NTB.

"Bulan Juli mendatang, tepat setahun menjabat sebagai kepala kanwil Kemenag NTB, KUA di masing masing Kabupaten Kota se NTB akan ditunjuk sebagai pilot projects atau KUA pelopor," ungkapnya.

Dikatakan, sebagai lembaga pertama dalam memberikan pelayanan  kepada masyarakat paling bawah, baik secara manual maupun online, KUA menjadi ujung tombak pemersatu umat.Tentunya, KUA harus maksimal dalam memenuhi harapan masyarakat.

"Membentuk KUA berkualitas, progresnya sudah masuk program nasional bapak menteri agama. Mengingat KUA merupakan perpanjangan tangan kemenag yang terbawah dan bersentuhan langsung dengan masyarakat," jelasnya.

Sebaliknya,lanjut Zaidi, demi membentuk KUA berkualitas, pihaknya senantiasa mengingatkan setiap personil agar mengedepankan pelayanan terbaik, demi kepentingan masyarakat banyak.

Selain itu, Kemenag NTB telah melakukan pembinaan dan penguatan karakter para personil atau pegawai KUA. Sehingga memasuki Bulan Juli 2021, ada hasil penilaian dari setiap kabupaten Kota yang berkualitas.

"Pembinaan sudah kita lakukan, tinggal actionnya, hasilnya nanti kita akan umumkan siapa saja KUA terbaik disetiap kabupaten kota. Sekaligus nantinya akan menjadi pelopor di setiap kabupaten kota," paparnya

Lebih lanjut, lahirnya KUA pelopor, dilatarbelakangi kultur dan kepercayaan masyarakat Indonesia, memiliki corak yang beragam. Sehingga KUA harus benar-benar ada dan hadir di tengah keberagaman tersebut. Demi menekan adanya gesekan yang mengatasnamakan agama.

"Insha Allah program bapak menteri melahirkan KUA pelopor di masing-masing kabupaten kota, mampu menekan gesekan dengan dalih agama di tengah masyarakat," sambungnya.

Bagi KUA di masing-masing kabupaten kota se NTB, yang berhasil meraih KUA pelopor, pihaknya telah mempersiapkan dorprize, sebagai bentuk penghargaan kepada Kepala KUA dan karyawannya. Pungkasnga (AP)