Menjelang Hari Raya Idul Adha, Harga Cabai di KLU Naik

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian KLU, Evi Winarni M.Si 

Lombok Utara (Postkotantb.com) - Menjelang Hari Raya Idul Adha beberapa bahan pokok di Kabupaten Lombok Utara (KLU) naik dan bahan pokok yang naik menjelang Hari Raya Idul Adha adalah cabai rawit.  Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian KLU, Evi Winarni M.Si menyatakan kenaikan yang sangat siginifikan terjadi pada bahan pokok cabai rawit yang mencapai 60,000 perkilonya.

“ Memang yang sangat signifikan kenaikan harganya itu, khususnya cabai rawit yang harganya sekitar 60.000 perkilo,” penjelasan Evi Winarni M.Si kemarin (06/07).

Lanjutnya, pihaknya menyatakan kenaikan harga ini disebabkan oleh faktor karena minimnya produksi cabai di KLU dan pasokan cabai di KLU rendah akibat banyak yang tidak diperbolehkan keluar dan masuk di KLU lantaran covid 19. 

Mustianah, salah satu pedagang di Pasar Pemenang

“ Memang untuk di sini produksi kita masih rendah untuk cabe dan pasokan dari luar daerah juga rendah akibat covid ini banyak yang tidak diperbolehkan keluar-masuk daerah itu juga mempengaruhi.”

Dengan rendahnya produksi cabai rawit di KLU dan terkendala covid, pada tahun 2021 pihak Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian KLU seperti yang dikatakan oleh Evi Winarni M.Si menggerakkan  kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) dan menggerakkan petani kembali.

“ Pada tahun ini kita punya kegiatan untuk menggerakkan kembali P2L , kemudian menggerakkan petani untuk integrasi horti dengan tanaman lainnya dan itu upaya yang kita lakukan,” penjelasan Evi Winarni M.Si saat ditemui wartawan Postkotantb.com 

Hj. Husniati, Pedagang di Pasar Pemenang

Di sisi lain Mustianah, salah pedagang di Pasar Pemenang KLU mengeluhkan dengan kenaikan harga cabai di tengah sepinya perekonomian di KLU. “ semua rata-rata naik, terutama cabe rawit ini,” keluh Mustianah. 

Selain mustianah, Hj. Husniati salah satu pedagang mengeluhkan kenaikan harga di KLU tidak hanya di cabai wawit saja, bahan-pahan pokok selain cabe rawit pun naik seperti Ikan asin, bawang merah, dan bawah putih.

“ Yang lainnya juga naik. Ikan asin naik dari harga 32,000 jadi 45,000 perkilo, bawah merah dari 12,000 jadi 25,000 perkilo dan bawang putih yang awalnya 20,000 sekarang 25,000 perkilo,” ungkap Hj. Husniati. (YN)