Pengaspalan Rampung, Sirkuit MotoGP Mandalika Siap Dijajaki

SIRCUIT MANDALIKA RAMPUNG: Serah terima pembangunan Mandalika Street Sircuit oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dengan PT PP (Persero) disaksikan Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah, Kapolda NTB, Irjen Pol Muhammad Iqbal, Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, Bupati Lombok Tengah serta seluruh jajaran ITDC maupun pihak kontraktor, Minggu (15/8)

 Mataram (postkotantb.com)- Pengaspalan sirkuit MotoGP (Mandalika Street Sircuit) telah rampung. Sirkuit dengan panjang lintasan 4,32 kilometer dan 17 tikungan tersebut, siap dijajakin oleh pembalap internasional di event internasional MotoGP 2022 mendatang.

Bahkan, sirkuit Mandalika sudah sangat siap menyambut ajang balapan bertaraf internasional. Seperti Kejuaraan World Superbike (WSBK), pada November tahun ini.

Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah mengapresiasi pihak ITDC, karena telah mewujudkan sirkuit internasional yang pernah digagas dan direncanakan tahun-tahun sebelumnya, kini telah terwujud di NTB. Dengan rampungnya pengaspalan sirkuit,  sebagai hadiah yang dipersembahkan NTB, menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2021.

"Kekhawatiran dan kegelisahan kita selama ini pupus seketika, saat menyaksikan penyelesaian pengaspalan lintasan sirkuit Mandalika. Hari ini kita sudah buktikan bukan hanya untuk masyarakat Indonesia. tapi di seluruh dunia, bahwa NTB bisa mewujudkan sirkuit internasional," ungkap gubernur bangga, saat momentum serah terima pembangunan Mandalika Street Sircuit di Proyek Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok Tengah, Minggu (15/08).

Menurut dia, sirkuit belum pernah ada sebelumnya, bisa diwujudkan dengan sirkuit yang tidak kalah dari kualitas sirkuit-sirkuit terbaik di seluruh dunia. Begitu juga dengan pekerjaan pengaspalan sirkuitnya juga paling cepat, dibandingkan dengan sirkuit internasional lainnya. Sehingga, lanjut Dr. Zul, Pemprov NTB akan terus memberikan support, demi terwujudnya mimpi masyarakat NTB dan seluruh masyarakat Indonesia.

"pak bupati, pak camat dan seluruh kepala desa di kawasan Mandalika harus siap dengan event internasional yang akan segera hadir," harapnya. 

Direktur ITDC, Abdulbar M. Mansoer mengaku, proses pengaspalan lintasan sirkuit Mandalika dimulai sejak 15 Juli 2020. Dalam arti, pelaksanaan proses pengaspalan sikuit tersebut, tidak sampai satu tahun. Demikian pula menurut rangking dunia, dimana proses pengaspalan lintasan sirkuit Mandalika dikategorikan paling cepat.

"Tugas ITDC untuk menyiapkan lintasan sirkuitnya sudah selesai. Tinggal kami akan percepat pembangunan fasilitas pendukung, penginapan dan lainnya," ungkapnya

Karenanya, dia berharap dukungan pemerintah pusat, provinsi, daerah dan seluruh masyarakat untuk sama-sama mensukseskan penyelenggaraan World Superbike (WBK) November 2021 dan Event MotoGP 2022 mendatang. Sedangkan pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika secara keseluruhan sudah mencapai 92 persen. 

"Kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pemerintah dan masyarakat. Mari kita bersama-sama membangun citra positif  dalam mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah peralatan Akbar WSBK dan MotoGP mendatang," harapnya.(DiskominfotikNTB/RIN)