Breaking News

Dorong Penguatan Jaringan Internet

Najamuddin Amy, S.Sos., MM.

POSTKOTANTB, Sumbawa- Kepala Dinas Komunikasi dan Statistik (Kominfotik) NTB, Najamuddin Amy, S.Sos., MM., mengusulkan dan mendorong Pemkab dan Pemkot se-NTB untuk memperkuat sinyal dan optimasi jaringan internet dan telekomunikasi.

"Di era teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini, kebutuhan jaringan internet sangat penting," kata Doktor Najm, di depan Sekda Kabupaten Sumbawa dan Forum Wartawan Pemerintah Provinsi NTB, saat kunjungan Press Trip media cetak dan elektronik, di Kantor Bupati Sumbawa, Jumat (3/9).

Sehingga kabupaten kota, siap dari berbagai aspek, khususnya ketersediaan infrastruktur jaringan telekomunikasi menjelang penyelenggaraan even Nasional, hingga Internasional. Di sisi lain, hal tersebut penting untuk dilakukan, demi memastikan dan  mendukung berbagai aktivitas dan kegiatan masyarakat maupun pemerintah.

"Seperti kebutuhan proses input data laporan di kantor desa dan bahkan kantor pemerintahan lainnya. Begitupun dalam mendukung proses belajar mengajar sektor pendidikan, mengingat pandemi Covid-19, membutuhkan internet yang cepat dan stabil," imbuhnya.

Diakui dia, hingga bulan Mei 2021, masih terdapat 42 titik lokasi blank spot dan terdapat sebanyak 63 titik area yang masih lemah sinyal, tersebar di sepuluh kabupaten kota di NTB. Sedangkan di Kabupaten Sumbawa, ada 22 area lemah sinyal yang perlu diperkuat dan optimasi jaringan internet serta 10 area blank spot.

"Kalau blank spot harus diintervensi untuk pembangunan infrastruktur BTS baru. Sebanyak 22 area lemah sinyal, harus diperkuat sinyal dan optimasi jaringannya. Misalnya dibangun BTS mini pendukung atau dipasang Vsat maupun fiberoptik guna meningkatkan band wide dan kapasitasnya," cetusnya.

Selain itu, lanjut Doktor Najm, Pemkab Sumbawa harus seoptimal mungkin mengusulkan lokasi dan wilayah tersebut, kepada BAKTI Kemenkominfo RI. Sehingga di tahun 2022 dibangun infrastruktur dan penguatan serta optimalisasi jaringan. "Kami dorong dan suport jajaran Dinas Kominfo Sumbawa  dan jajarannya untuk proaktif melihat area itu," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah, melalui Sekretaris Daerah (Sekda), Drs. H. Hasan Basri, MM., mengapresiasi kunjungan Forum Wartawan Pemerintah Provinsi NTB.

"Kunjungan dan silaturahmi ini, dapat memperkuat sinergi dan koordinasi untuk membantu mempublikasihan potensi di Sumbawa. Kendati berbagai capian dan keberhasilan yang diperoleh daerah selama ini, masih banyak kekurangan yang perlu dibenahi," pungkasnya.


(DiskominfotikNTB/RIN)
 

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close