Sudirman Tuding Pengurus DPD IKADIN NTB, Tidak Paham Organisasi Profesi

Ketua DPD Peradin Lombok Barat, Sudirman, S.H., MH.

POSTKOTANTB, Mataram- Ketua DPD Perkumpulan Advokat Indonesia (PERADIN) Lombok Barat, Sudirman SH., MH., turut bersuara terkait statemen perwakilan DPD Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) Nusa Tenggara Barat yang menyebutkan kapabilitas Ketua DPD IKADIN NTB terpilih melebihi rata-rata ketua organisasi advokat lainnya. Menurut Sudirman, pernyataan pengurus IKADIN NTB tersebut sangat keliru dan tidak memahami apa yang dibicarakan dan sangat ngaur serta tidak terukur.

"Kok bisa sampai merembet keluar kebranah publik urusan pribadi dan internal organisasinya,parahnya lagi malah membangga-banggakan seorang yang difigurkan. Kalian boleh membanggakan ketua terpilih  anda secara internal, tetapi jangan menyinggung organisasi lainnya,” tegas Sudirman dengan nada kesal, Jumat (3/9).

Selama ini kata Sudirman, organisasi advokat lain tidak pernah menyinggung organisasi lainnya. Baru kali ini ada statemen semacam itu dan sangat menyakitkan, sepertinya organisasi lain tidak ada apa apanya, gumam ketua DPD Peradin Lobar .

“Ingat, organisasi advokat adalah organisasi profesi yang saling menghargai satu sama lain. Nah, dalam statemen di media beberapa waktu lalu itu, sangat menyinggung keberadaan organisasi lain,” papar pria kelahiran daerah Ngahi Rawi Pahu itu.

Di satu sisi menurutnya, statemen juru bicara IKADIN itu sudah menyalahi aturan dalam berorganisasi. Meski dalam pembelaannya, ketua IKADIN NTB mengaku tidak mengetahuinya dan bahkan berita itu baru diketahuinya lewat pemberitaan ketua KAI NTB, namun dalam aturan sudah jelas menjadi tanggungjawab organisasi dalam hal ini ketua, pasalnya yang mengeluarkan statemen itu adalah pengurus Ikadin. Terang Sudirman

“Intinya, jika memang ketua IKADIN NTB terpilih itu memiliki kekuatan atau power plus di atas rata-rata ketua asosiasi advokat lainnya, berarti kita-kita ini dianggap apa?” tanya Sudirman.

Diberitakan sebelumnya, usai Musda DPD IKADIN NTB 28 Agustus lalu, perwakilan IKADIN, Hariadi Rahman menyatakan bahwa Ketua DPD IKADIN terpilih, Dr.Irpan Suriadiata SH.i.,MH. bukan orang sembarangan. Kata dia, Dr Irpan memiliki kekuatan serta kemampuan melebihi rata-rata ketua organisasi advokad lainnya. Pernyataan itu pun menjadi viral dan membuat ketua organisasi advokat lainnya turut angkat bicara, karena pernyataan itu menyinggug perasaan rumah tangga orang lain. Kata Dirman

"Jika dalam waktu 24 jam, pengurus Ikadin NTB tidak mengklarifikasi serta minta maaf atas pernyataannya, maka dengan sangat terpaksa kami akan menempuh jalur hukum," Ancam Sudirman. (red)