Modal Patungan, IMM Bagikan 1000 Nasi Bungkus

BERBAGI NASI BUNGKUS: Dengan khidmat dan penuh kasih sayang, para anggota IMM memberikan nasi bungkus ke masyarakat di sepanjang jalan Kota Mataram, Jumat (3/9).

POSTKOTANTB, Mataram- Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Komisariat se perguruan tinggi Negeri (PTN), menggelar aksi solidaritas kemanusiaan, Jumat (3/9). Yakni, dengan membagikan 1000 nasi bungkus, kepada masyarakat yang didominasi, lanjut usia (lansia).

Pimpinan Komisariat Farid Fathoni Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram IMM Awan Andi Gunawan mengatakan, Kegiatan ini mengusung tema, Aktualisasi Teologi Al-ma'un dan Jum'at berkah. Dalam kegiatan ini, pihaknya menurunkan sebanyak 15 anggota IMM untuk membagikan nasi, di sepanjang jalan Kota Mataram.

"Kegiatan ini sebagai bentuk rasa solidaritas kemanusiaan yang melekat pada diri kader IMM sekaligus bentuk pengimplementasian perintah al-qur'an surah al-ma'un," katanya.

Kegiatan ini memang sudah direncanakan jauh hari sebelumnya. Di mana, gerakan berbagi ini merupakan salah satu program kerja, dari IMM Komisariat se PTN yang dilaksanakan serentak. Nasi bungkusan itu diakui Gunawan, dibeli dari hasil kerja sama kolektif dan kolegiat, dari seluruh kader IMM Komisariat se PTN.

"Dengan bermodalkan uang yang dikumpulkan setiap kader, masing-masing 10 ribu, alhamdulillah kegiatan tersebut cukup memberikan edukasi kemanusian yang mendalam," imbuhnya.

"Sebagaimana kita melihat kembali gerakan yang di lakukan oleh K.H Ahmad Dahlan. Kala itu, beliau membangun Muhammadiyah sebagai gerakan Islam. Misi terbesarnya, bagaimana membantu sesama, menolong kaum miskin dan anak yatim piatu," sambungnya.

Di sisi lain, pihaknya sempat mengalami kendala, masih ada anggota IMM, belum bisa bergabung dalam kegiatan sosial itu. Karena setiap kampus saat ini, masih memberlakukan sistem belajar online. Tentu, hal tersebut mengakibatkan sebagian besar anggota organisasi, tidak berkesempatan mengikuti kegiatan organisasi.
 
Kendati demikian, pihaknya tidak putus semangat. Bahkan, Gunawan berkomitmen, akan melaksanakan kegiatan sosial tersebut, rutin sekali dalam seminggu.

"Karena, kegiatan yang terinisiasi dari hati nurani untuk memberi dan menolong. Dalam diri kader IMM tertanam jiwa kemanusiaan yang amat tinggi, bagi kader IMM selagi ada kelebihan pada diri kita, tangan di atas lebih baik dari pada tangan di bawah," tandasnya.(RIN)