Inovasi Layanan Masyarakat Tak Hanya Sebatas di Pameran

Asisten II  Setda Provinsi NTB , Ir. Muhammad Husni, M. Si., tengah berpose bersama para penerima penghargaan.

 POSTKOTANTB, Mataram-Dalam rangka Refleksi 3 Tahun Zul-Rohmi, pada penutupan Pameran Inovasi Daerah tahun 2021, Asisten II  Setda Provinsi NTB , Ir. Muhammad Husni, M. Si., meminta, inovasi harus terus dilakukan demi membangun dan memajukan NTB.

"Menciptakan dan menghasilkan karya untuk memudahkan segala aktifitas di dalam kehidupan berokrasi dan bermasyarakat," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan, mewakili Gubernur NTB, menutup pameran, di Bappeda NTB, Minggu (19/9).

Dalam kesempatan tersebut, dia mengingatkan, melakukan inovasi demi memberikan kemudahan dalam pelayanan masyarakat, tidak hanya sebatas pada acara pameran saja, namun kedepan harus terus dilakukan lebih banyak lagi.

Terlebih saat ini, Provinsi NTB masih menduduki peringkat teratas lomba inovasi daerah Kementerian Dalam Negeri. Capaian itu adalah buah kerja keras seluruh organisasi perangkat daerah (OPD). "Harus terus dipertahankan dan menghasilkan inovasi yang lebih banyak lagi," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Litbag Bappeda NTB, Lalu Suryadi, menjelaskan pameran berlangsung 3 hari, sejak tanggal 17 September 2021 dan ditutup tanggal 19 September 2021. Acara ini melibatkan 30 OPD, Pemdes dan instansi serta lembaga di NTB. Inovasi yang ditampilkan, sebanyak 80 karya dan inovasi. "Pembukaannya langsung dibuka oleh Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah," jelas Suryadi.

Pameran tersebut untuk memberikan informasi tentang inovasi yang dilakukan pemrov, pemkab dan lembaga lain, termasuk oleh masyarakat. Dari stand dan inovasi yang dipamerkan, terbaik pertama diraih oleh inovasi Sistem Informasi Desa (SID) Rarang Selatan, Kecamatan Terara, Kabupaten Lombok Timur.

Terbaik kedua, inovasi Mobil Perpustakaan dari Dinas Perpus dan Arsip Daerah NTB. Terbaik ketiga, bibit Unggul Ayam dari Balai Penelitian Pengembangan Pertanian (BPTP) NTB. Terbaik keempat, inovasi NTB Care dan Satu data dari Dinas Kominfotik dan terbaik kelima, NTB Lestari dan Zero Waste dari Dinas LHK Provinsi NTB.

"Antusias masyarakat terhadap pameran ini cukup tinggi, sejak dibuka hingga penutupan selalu ramai dan padat dikunjungi," bebernya.

Pihaknya telah menyiapkan pengetatan protokol kesehatan, saat masuk area pameran. Misalnya pemeriksaan suhu, handsanitizer dan masker. Kepala Desa Rarang Selatan, Maryun menyambut baik apresiasi yang diberikan Pemrov. NTB.

Menurutnya, apresiasi tersebut merupakan motivasi bagi pihaknya untuk terus berkarya dan berinovasi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. "SID ini mampu memberikan dampak terhadap tata kelola pemdes. Selain itu SID memberikan kemudahan bagi pelayanan masyarakat desa. Sehingga keterbukaan publik juga tercapai," tutupnya.


(DiskominfotikNTB/RIN)