NTB Care dan NTB Satu Data Tampil dalam Pameran Inovasi Daerah 2021

Para pengunjung tengah menikmati layanan NTB Care, saat Pameran Inovasi Daerah 2021, Minggu (19/9).

 POSTKOTANTB, Mataram- Inovasi pengaduan NTB Care dan NTB Satu Data dari Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kominfotik) NTB diikutkan pada Pameran Inovasi Daerah tahun 2021 di Halaman Kantor Bappeda Provinsi NTB.

Proses dan sistem kerja admin dan operator NTB Care, dalam penanganan pengaduan masyarakat, untuk pertama kalinya, di peragakan langsung kepada pengunjung pameran,  sejak dibuka Wakil Gubernur NTB Dr Hj. Sitti Rohmi Djalilah.

Kepala Dinas Kominfotik NTB Dr. Najamuddin Amy, S.Sos., MM., mengaku, NTB Care menjadi salah satu aplikasi yang diminati masyarakat. Semua pengaduan langsung masyarakat melalui media sosial, website dan aplikasi berbasis android, kerap ditangani tanpa ruang dan waktu.

Sistemnya kerjanya 24 jam, memantau semua pengaduan masyarakat baik persoalan sosial infrastruktur, sosial, lingkungan, pertanisn dan semua sektor. Bahkan, berbagai pengaduan dan pertanyaan masyarakat melalui akun sosial media Gubernur maupun OPD lingkup Pemrov dan Pemkab, direspon dengan cepat.

"Kami praktekan sistem yang ada di dapur NTB Care. Begitu juga, data-data sektoral dan parsial pada NTB Satu Data, dipamerkan cara mengaksesnya pada pameran tersebut. Ini semua sebagai bentuk memudahkan mayarakat memperoleh informasi,"  jelas mantan komisioner KI NTB ini, usai penutupan pameran inovasi, Minggu (19/9).

Selain itu kata Najm, inovasi lainnya yang ditampilkan pada pameran sangat menarik dan bagus. Hal tersebut  menunjukan bahwa provinsi NTB termasuk daerah terbaik dalam menghasilkan inovasi.

Najam juga menginformasikan bahwa, hingga saat ini, dalam lomba yang digelar oleh Kemendagri, yaitu Innovation Government Award (IGA) 2021, NTB masih kokoh berada dipuncak teratas. "Ini harus menjadi perhatian bersama kita, bahwa para inovator jangan berhenti untuk terus menghasilkan karya dan inovasi, demi kemajuan NTB yang lebih Gemilang," imbaunya.

Sementara itu, salah satu pengunjung acara penutupan pameran, asli warga mataram, Subhan (48) mengaku, sering memantau NTB Care melalui media sosial."Pengaduan masyarakat seperti sampah, direspon dengan baik dan diteruskan ke dinas terkait. Besoknya langsung tertanggani," takjubnya.

Begitupun pada berbagai pertanyaan dan pengaduaan pada medsos Gubernur Bang Zul, NTB Care juga tampil menjawab dan memberikan informasi kepada publik. "Semoga pengaduan dan keluhan masyarakat dapat dilayani dan teratasi terus oleh NTB Care,"tutup pria yang datang bersama putrinya ini.


(Diskominfotikntb/RIN)