Kumham NTB Tegaskan Rekrutmen CPNS Bebas Joki

MEMANTAU: Kanwil Kumham NTB Haris Sukamto tengah memantau persiapan perekrutan CPNS, Kamis (30/9).

 POSTKOTANTB, Mataram- Dalam perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kumham) NTB tahun ini, beberapa alur harus dilalui ribuan peserta Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Hal tersebut bertujuan untuk menjamin dan memastikan, rekrutmen CPNS  di lingkup institusi fertikal tersebut dilaksanakansecara transparan dan akuntabel. Kepala Kanwil Kumham NTB, Haris Sukamto, menegaskan, selain penerapan disiplin protokol kesehatan (prokes), seluruh proses seleksi, mengedepankan keterbukaan yang bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

"Seluruh prosesnya tidak ada yang ditutupi, semuanya transparan, tidak ada yang kita tutupi. Jadi jangan percaya kalau ada yang menawarkan jasa bisa meluluskan,” tegasnya saat membuka kegiatan SKD CPNS tahun 2021, Kamis (30/9).

Kata dia, azas transparansi terhadap proses rekrutmen CPNS menurut Haris, telah dilaksanakan pihaknya, sejak proses pendaftaran dan seleksi administrasi. Termasuk dalam pelaksanaan SKD. Hal itu dibuktikan dengan live streaming di kanal youtube Kemenkumham NTB. Sehingga, masyarakat dapat ikut serta, dalam melakukan pengawasan atau pemantauan secara langsung.

Haris menyebut, CPNS Kemenkumham diikuti oleh 5.951 peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi yang dilaksanakan mulai tanggal 30 September hingga 16 Oktober 2021. Setiap hari pelaksanaan, terbagi dalam tiga sesi.

"Terkecuali hari Jumat dua sesi. Sedangkan setiap sesinya diikuti oleh 124 orang peserta. Semoga semua yang hadir di sesi pertama ini percaya diri dan tunjukkan seluruh kemampuan untuk menjawab soal-soal tes,” harapnya.
 
Soal kesiapan tes CPNS, Kepala Divisi Administrasi Kumham NTB, Saefur Rochim, mengungkapkan, selaku panitia, pihaknya telah melakukan antisipasi terhadap berbagai kemungkinan. Mengingat, saat ini, Indonesia termasuk NTB tengah dilanda pandemi. “Kita juga menyediakan ruangan khusus bagi peserta yang terdeteksi suhu badannya diatas 37,7 derajat Celcius,” ungkapnya.

Diakui, tahun ini, Kumham NTB akan menjaring sebanyak 41 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang nantinya, 39 orang akan ditugaskan sebagai Penjaga Tahanan dan dua orang sebagai petugas pemeriksa di Kantor Imigrasi.(RIN)