Musda Asdeksi NTB Wahana Silaturahmi Aparatur DPRD

Lombok Barat (postkotantb.com) - Bertempat di Kawasan Senggigi Lombok Barat, segenap Sekretaris DPRD dan jajaran se-NTB mengadakan pertemuan periodik menyatukan persepsi dan silaturahmi dalam bentuk Musyawarah Daerah Asosiasi Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota Provinsi Nusa Tenggara Barat (1/10/2021). Ketua Panitia Musda yang juga Sekretaris DPRD KLU Kartady Haris, SH menyatakan bahwa Musda diadakan karena ingin menyatukan persepsi sekaligus sebagai wahana silaturahmi antar aparatur kedewanan di NTB.

"Menindaklanjuti amanat AD/ART, untuk bermusda dan bermufakat sesuai jadwal Musda Asdeksi yang berlangsung hari ini. Selain menyegarkan kembali kepengurusan, setelah ada kebijakan mutasi dari Pemda masing-masing," tuturnya. 

Pihaknya menjelaskan bahwa nantinya terhadap pengurus yang terpilih, paling tidak tiap enam bulan sekali, ada pertemuan rutin atau secara berkala. 

Sekretaris DPRD Kabupaten Lotim H Ahyan SH MH yang juga sebagai perwakilan Pengurus Asdeksi Pusat menyampaikan keberadaan Asdeksi di NTB sesungguhnya strategis di era desentralisasi. Munas I DPN Asdeksi justru diinisiasi pula oleh delegasi NTB yang memimpin sidang Munas dan terpilih Ketua Pertama Asdeksi Sekretaris DPRD Dompu Drs Usman Idris, pada tahun 2001 yang silam.

"Diharapkan Asdeksi DPRD bisa menjadi penyambung kepentingan parpol di legislatif dan kebijakan pemerintah daerah di eksekutif. Termasuk aspirasi dari aparatur DPRD," urainya.

Untuk pemerataan dan keseimbangan, kegiatan Asdeksi bisa dilaksanakan kegiatannya di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Adapun Pimpinan Asdeksi NTB terpilih Periode 2021-2024 yaitu Ketua Edi Taruna, SH (Sekretaris DPRD Kabupaten Bima), sedangkan Sekretaris Asdeksi NTB Kartady Haris, SH (Sekretaris DPRD KLU), serta Bendahara Asdeksi NTB Aisyah Desilina D, S.IP (Sekretaris DPRD Lobar) yang nantinya disusun kepengurusan selengkapnya. 

Dalam pada itu, Ketua Asdeksi NTB terpilih sekaligus Sekretaris DPRD Kabupaten Bima Edi Taruna, SH yang didaulat sebagai Pengurus Asdeksi periode 2021-2024 menyampaikan belum bisa banyak program, tetapi perlu ada keseimbangan dan pemerataan kegiatan yang bermanfaat bagi tugas trifungsi DPRD. 

"Pada masa mendatang, Asdeksi berupaya bisa lebih baik lagi, sebagai wadah kita bersama, DPRD Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa," pungkasnya. (YN)