Pergantian Musim, Rutan Praya Peduli Kesehatan WBP


LOTENG, (postkotantb.com)-  Seiring pergantian musim, dari musim kemarau ke musim hujan. Tentunya pergantian musim ini berbagai macam penyakit bisa ditimbulkan.

Guna menghindari terjangkitnya para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari penyakit akibat perubahan musim, Rabu (24/11), bersama tim medis Puskesmas Praya Kecamatan Praya Lombok Tengah (Loteng), melaksanakan cek kesehatan terhadap para narapidana.

"Kami memang bukan ahli dibidang kesehatan, namun mengambil dari kebiasaan akibat pergantian musim, biasanya banyak penyakit yang menjamur, memperhatikan kesehatan para narapidana, kami sudah mengundang Tim kesehatan Puskesmas Praya, untuk memberikan jaminan kesehatan, guna menghindari penyakit penyakit yang tak diinginkan," kata karutan kelas IIB Praya Jumasih.

Pelayanan kesehatan ini merupakan upaya antisipasi menghadapi pergantian musim kemarau ke musim hujan yang dapat menyebabkan WBP rentan terserang penyakit.

Memberikan jaminan kesehatan kepada para WBP, itu dilakukan secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. Hal ini merujuk kepada Pasal 14 ayat 1 Peraturan Pemerintah RI Nomor 32 Tahun 1999, bahwa setiap Narapidana dan Anak berhak memperoleh pelayanan kesehatan yang layak.

"Sudah ada aturan jaminan kesehatan kepada para napi," cetusnya.

Adapun pemeriksaan kesehatan yang diberikan, yll meliputi pengecekan tekanan darah, pemeriksaan gula darah dan pemberian obat-obatan. "Pelayanan kesehatan yang selalu kita berikan kepada setiap Warga Binaan di Rutan Praya terdiri dari Pelayanan kesehatan di Poliklinik, Peninjauan keadaan WBP pada Blok Hunian, skrining penyakit, pencegahan penyakit, penyuluhan dan edukasi, serta pemeriksaan  kebersihan blok dan kamar hunian" terangnya panjang.

Ditambahkan, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan ini sebagai upaya dalam mengoptimalkan pelayanan kesehatan Warga Binaan. 

Dikatakan, memberikan jaminan kesehatan, itu merupakan salah satu Satuan Kerja (Satker) dalam kontestasi Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), pelayanan keluar (masyarakat) dan ke dalam (WBP) tentu menjadi tolak ukur penilaian dalam kelayakan Rutan Praya Kanwil Kemenkumham NTB dalam menyandang gelar predikat WBK tahun 2021. 

Oleh karena itu, Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Praya terus memaksimalkan Peningkatan kualitas pelayanan dan pemenuhan hak terhadap warga WBP, salah satunya pelayanan kesehatan. (AP)