Dispertanak Loteng, Angkat Bicara Soal Pupuk di Tastura


Dispertanak Loteng, Angkat Bicara Soal Pupuk di Tastura

LOTENG, (postkotantb.com) - Setelah Kasta NTB melakukan sidak ke CV Fortuna salah satu distributor terbesar di Loteng dan keritikan pedas dari ketua Dewan Kedaulatan Rakyat Untuk Demokrasi Loteng.

Akhirnya Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Lombok Tengah (Loteng), Lalu Iskandar angkat bicara.

Dalam tulisannya di grup WhatsApp Lombok Tengah Maju (LTM) membeber kondisi persoalan pupuk di Loteng.
Dimana dalam tulisannya menyebutkan, sesuai hasil Rapat Koordinasi Pupuk Bersubsidi Tanggal 9 Desember 2021 sebagai berikut :

1. Sisa quota pupuk yang masih ada di beberapa Distributor berapapun jumlahnya dalam bulan Desember minggu ke II akan diusahakan untuk di distribusikan kepada petani (Besok pagi akan dilanjutkan dengan rapat internal dinas pertanian  bersama distributor untuk membedah kekurangan/kelengkapan RDKK yang dibutuhkan )

2. Ketersediaan pupuk non subsidi berbagai jenis cukup tersedia di tingkat Distributor berapapun yang dibutuhkan 

3. Untuk pupuk bersubsidi berbagai jenis di Kabupaten Loteng cukup tersedia hanya RDKK yang di verifikasi dan validasi perlu penyempurnaan lebih lanjut karena E-RDKK baru dimulai tahun 2021 sehingga wajar belum ideal seperti yang diharapkan.

4. Koordinasi antara Penyuluh, Kepala UPT bersama Camat dan Kepala Desa harus dilakukan untuk Sosialisasi Mekanisme Pengajuan Pupuk Bersubsidi sehingga kesulitan input data termasuk KTP bisa diselesaikan sehingga Tahun 2022 tidak akan muncul lagi persoalan seperti sekarang 

5. Sebagai epek jera beberapa kasus penjualan pupuk bersubsidi oleh Penyidik Polres Loteng sudah ada yang akan P21 sementara kasus Pupuk Palsu masih berproses di pengujian kandungan unsur hara BPTP NTB. (AP)