Peringati Hari Juang TNI AD, Kodim 1615 Lotim Ziarah di TMP Rinjani


Lombok Timur (postkotantb.com)- Dandim 1615 Lotim Letkol Inf Amin M Said memimpin rombongan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Rinjani, Kecamatan Selong, Lombok Timur pada Selasa, 14 Desember 2021.

Ziarah tersebut dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD untuk mengenang pertempuran Ambarawa di Jawa Tengah tahun 1945 silam. 

Peringatan Hari Juang TNI AD yang diperingati setiap tanggal 15 Desember tersebut berlangsung secara sederhana serta penuh khidmat dan diikuti seluruh personel Kodim 1615 dan Persit Kartika Chandra Kirana.

''Ziarah ini sebagai wujud penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan yang telah berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan dari para penjajah pada waktu itu,'' kata Dandim pada awak media usai acara. 

Ditegaskan Amin M Said, kemerdekaan bangsa Indonesia tidak diberikan secara cuma-cuma, namun diperoleh dengan penuh perjuangan dan cucuran darah para pejuang. 

Selain itu, lanjut Amin, para pejuang juga memberikan pikiran, harta benda bahkan nyawa untuk tanah air. 

''Kita semua tau kemerdekaan yang kita nikmati sekarang adalah buah pengorbanan dari para pahlawan yang diperoleh tidak dengan cuma-cuma,'' imbuhnya. 

Lebih lanjut, Dandim berharap kepada para generasi muda sebagai penerus perjuangan para pahlawan untuk mengisi kemerdekaan dengan berkarya dan berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negara. 

''Harapan saya kepada generasi penerus bangsa sudah sepatutnya mengisi kemerdekaan dengan mengikuti dan meneladani semangat para pejuang,'' pungkas Dandim kelahiran Ternate, Maluku Utara tersebut.(wan)