Breaking News

Ditipu KSU Rinjani, Puluhan Warga KSB Lapor Polda NTB

 


Sumbawa Barat, (postkotantb.com) -Setidaknya puluhan warga Desa Seteluk Kecamatan Seteluk, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat bersiap melaporkan ketua dan pengurus Koperasi Serba Usaha (KSU) Rinjani ke Polda NTB, Kamis (26/1/22) mendatang.

Setidaknya 39 warga yang berprofesi petani tersebut mengaku merasa tertipu akibat iming iming sejumlah oknum KSU Rinjani wilayah Sumbawa. Mereka menjanjikan dana Pembangunan Ekonomi Nasional (PEN) berupa tiga ekor sapi, uang Rp 100 juta per kelompok tanpa jaminan dari Presiden Jokowi Dodo.

"Saya dan sejumlah anggota mewakili 39 anggota kelompok melaporkan KSU Rinjani atas dugaan penipuan program PEN dari Presiden Jokowi. Kami diminta menyetorkan uang Rp 250 ribu per orang untuk didaftarkan KSU Rinjani mendapatkan bantuan sapi dengan uang Rp 100 juta," kata, Daud Sabur ketua kelompok yang ditunjuk KSU Rinjani Cabang Seteluk.

Daud menegaskan sejumlah orang mengaku pengurus KSU Rinjani mendatang dirinya dan kelompok. Mereka menawarkan keanggotan KSU dan mendapatkan program bantuan Rp 100 juta untuk tiga ekor sapi dari Presiden. Pihaknya tertarik dan bergabung serta menyetorkan dana sebagai syarat yang diminta.

Menurutnya Daud, pencairan bantuan itu dijanjikan cair pertanggal 31 Desember 2021. Namun sampai saat ini bantuan yang dijanjikan tidak terealisasi.

"Saya sudah tanyakan ke koordinator KSU Rinjani wilayah Sumbawa. Tenggat waktu realisasi bantuan nihil akibat dicekal pemerintah provinsi. Itu katanya. Saya dan kelompok coba mengecek ternyata koperasi ini tidak menjalankan program PEN yang dimaksud. Pemerintah Provinsi menyebutkan tidak ada bantuan itu," kata, Daud kesal.

Saat ini ia dan kelompoknya sudah membuat surat pernyataan melaporkan KSU ini dan meminta pendampingan hukum. Ia meminta uang kelompoknya segera dikembalikan dan secara resmi menarik diri dari keanggotaan KSU Rinjani. (Red)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close