Breaking News

Si Jago Merah Lalap Empat Rumah di Desa Juranalas

 


Sumbawa Besar, (postkotantb.com) - Empat rumah warga di RT 3 RW 2 Desa Juranalas Kecamatan Alas hangus dilalap si jago merah, pada Senin (31/1/22) sekitar pukul 11.05 WITA.

Salah seorang warga  yang rumahnya ikut terbakar, Haji Awad saat ditemui postkotantb.com di lokasi kebakaran menuturkan, pada saat kejadian ia berada di sebelah rumah yang berdekatan dengan rumahnya, kebetulan rumah tersebut milik anaknya yang ikut dilalap si jago merah.

Menurutnya, api berasal dari rumah salah satu tetangga yang berdekatan dengan rumahnya. Setelah melihat ada api maka Ia langsung berteriak ada api, ada api, sehingga warga yang kebetulan ada di sekitar kejadian, langsung membantu memadamkan api dengan alat seadanya. Namun karena situasi angin yang begitu kencang sehingga dalam hitungan menit api melalap rumah yang ada di sekitar berjumlah 4 rumah, tutur Haji Awad.


Haji Awad menjelaskan, bahwa saat kejadian itu Ia sempat mengeluarkan 2 unit Motor dari halaman rumahnya. Namun ada satu Unit motor Mega Pro tidak bisa diselamatkan dan ikut terbakar, ungkapnya.

Awad sangat menyayangkan kepada dua armada pemadam kebakaran (Damkar) yang terlambat datang. Setibanya kedua armada tersebut  di lokasi, api sudah berhasil dipadamkan oleh warga dengan peralatan seadanya, sesal Awad dengan nada sedih dan kecewa.

“Namun Alhamdulillah, api sudah bisa diatasi dan Korban di evakuasi ke kantor desa untuk sementara. Untuk kerugian belum bisa dihitung waktu, Pemerintah setempat sedang melakukan pendataan,hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan pasti asal api," ungkapnya.

Sementara  Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa, Muhammad Nurhidayat membenarkan adanya peristiwa itu. Tiga rumah panggung rata dengan tanah, satu rumah batu permanen terbakar di bagian atap dan plafon.

Menurutnya, kebakaran terjadi sekitar pukul 11.05 wita. Korbannya adalah Zulkifli, Rahmatullah dan Rahmawati dan Akbar Mirawan, warga RT 003 RW 002, Desa Juranalas Kecamatan Alas.

Ia menjelaskan, api pertama kali terlihat dari arah rumah panggung milik Zulkifli. Kobaran api dengan cepat menjalar ke rumah ke tiga tetangga lainnya.

”Angin yang bertiup kencang dari arah Barat ke Timur dengan cepat api merambat ke rumah saudari Rahmatullah yang terletak di sebelah timur sumber api,” jelas Kadis.

Di tempat terpisah Kepala Desa Juranalas Hasanuddin saat di Komfirmasi melalui telpon selulernya, membenarkan bahwa ada 3 rumah panggung yang hangus terbakar  dan satu Rumah batu permanen atapnya terbakar swbagian.

Atas kejadian tersebut Pemerintah Kabupaten maupun Propinsi melalui Dinas Sosial dan Dinas BPBD Kabupaten Sumbawa sudah menyalurkan bantuan kepada korban.

" Kami memberikan afresiasi kepada Dinas Sosial dan BPBD yang langsung respon dan turun ke lokasi kebakaran, guna menyalurkan bantuan berupa logistik dan sembako kepada korban, " tandas Kades Hasanuddin. (Lalu)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close