Breaking News

Kades Barebali Lakukan Pembinaan Berkala Kepada BKD

 


Loteng, (postkotantb.com) - Kepala Desa (Kades) Barebali Kecamatan Batukliang Lombok Tengah (Loteng), lakukan pembinaan berkala kepada Badan Keamanan Desa (BKD) Desa setempat.

Kepala Desa Barebali Lalu Ali Junaidi mengatakan, pembinaan ini dilakukan, sebagai salah satu langkah memberikan motivasi kepada mereka, dalam menjalankan tugasnya sebagai tangan kanan pemerintah desa, terutama dalam hal menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah.

"Di Desa Barebali ini, ada 23 Kadus yang dinaungi, luasnya wilayah sehingga menjaga keamanan dan kondusifitas itu penting, perlu kita berikan suntikan atau spirit sehingga mereka tetap semangat dalam menjalankan tugasnya," katanya.

Adapun jumlah BKD saat ini disesuaikan dengan jumlah cakupan wilayah yang luas, yakni sebanyak 46 BKD dan masing masing dusun ditempatkan 2 BKD.

 "Dalam melaksanakan tugasnya di masing-masing wilayah binaannya, kita berikan hak penuh kepada mereka mengatur keamanan sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan desa," terangnya.

Ditambahkan, pembinaan berkala selain membangkitkan semangat mereka, pembinaan ini juga dilakukan sambil meminta laporan di masing-masing wilayah, apa saja persoalan di lapangan hingga kebutuhan pasilitas lainnya.

"Pembinaan Berkala ini kita lakukan sambil kita berikan semangat dan meminta laporan di masing-masing wilayah, apa saja kebutuhan dan keluhan mereka di lapangan," ungkapnya.

Lebih dari itu lanjut kades Barebali, pembinaan di awal tahun ini, sembari memberitahukan kepada mereka kalau tahu  2022 ini, semua BKD akan diberikan kartu BPJS ketenagakerjaan.

"Tadi kita hanya sampaikan kalau tahun ini akan diberikan kartu BPJS ketenagakerjaan, dan insyaallah besok Senin 7 Februari petugas BPJS akan turun melakukan pendataan ke kantor," ujarnya.

Kenapa itu dilakukan, mengingat tangung jawab mereka sebagai anggota BKD dalam menciptakan keamanan dan kondusifitas di masing masing wilayah sangat berat, sehingga keberadaan mereka harus diperhatikan, minimal mereka memiliki kartu jaminan BPJS, di luar gaji yang sudah mereka terima.

"Kesejahteraan dan kebutuhan mereka itu kita utamakan," cetusnya.

Selain itu, keamanan di pasar Barebali juga bagian dari tanggung jawab BKD, oleh karenanya pihaknya juga berharap Pemerintah Daerah (Pemda), harus memperhatikan, paling tidak ada insentif atau operasional mereka.

Sebab anggaran Desa yang sudah dianggarkan baginya itu tak cukup, sedangkan di sisi lain, kebutuhan mereka sangat pelik dalam memenuhi kebutuhan keluarganya.

"Tugas BKD Barebali bisa saya katakan tugas maraton, di samping menjaga wilayah masing-masing, mereka juga dibebankan menjaga pasar Barebali, sehingga paling tidak ada insentif atau perhatian Pemda Loteng terhadap mereka, mengingat kebutuhan mereka sangat pelik dalam mengarungi dan mensejahterakan keluarganya," tutupnya.

Sementara itu Ketua BKD Muhtadi mengaku, pembinaan berkala yang di programkan kepala desa sangat tepat. Sebab terkadang kejenuhan itu terkadang ada, sehingga spirit itu penting diberikan kepada anggotanya.

"Langkah pembinaan berkala itu sangat tepat dan alhamdulilah sampai tahun ini Pembinaan Berkala tetap berlanjut," katanya.

Dengan adanya pembinaan dan spirit ini, pihaknya bersama anggota semakin percaya diri dalam melaksanakan tugasnya sebagai perpanjangan tangan pemdes dalam menjalankan tugasnya menciptakan keamanan dan kondusifitas di masing-masing wilayah. (AP)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close