Breaking News

BPD Batu Dulang, Bahas Program Green House di Lima Dusun

 


Sumbawa Besar, (postkotantb.com) - Dalam rangka membangun program Pembibitan Tanaman Pangan (Green House), Pemerintah Desa Batu Dulang, Kecamatan Batu Lanteh, Sumbawa, melalui unsur BPD, kembali menggelar pembahasan Green House, Rabu (06/04/2022).

Ketua BPD Batu Dulang, Umar Usman S. AP., mengatakan, program Green House yang akan dilaksanakan Kepala Desa Batu Dulang, Isnaini, menjadi solusi atas kebutuhan pangan masyarakat desa setempat. Menurut rencana, program ini akan merambah lima dusun di desa tersebut.

"Nominal pembuatan satu unit Green House Rp. 4.500.000.00., per item. Anggarannya bersumber dari Dana Desa (DD, red)," katanya.

Disebutkan Umar, jika jumlah biaya tersebut, dikalkulasikan dengan lima dusun, maka total biaya unit Green House sebesar Rp. 22.500.000,00. Belum lagi untuk pembelian bibit dan kebutuhan lainnya, menelan dana Rp. 5.000.000. Maka total keseluruhan menjadi Rp. 27.500.000.

"Program ini sangat menyentuh sekali pada masyarakat Batu Dulang. tentu dalam pembelanjaan harus disertai RAB dan ini merupakan salah satu kelengkapan administrasi dalam membangun Green House," imbuhnya.

Tentunya, lanjut Umar, pelaksanaan program tersebut harus transparan dan akuntabel agar dapat dipertanggung jawabkan ke depan. "Azas transparansi menjadi syarat penting yang harus dipenuhi dalam setiap aspek penyelenggaraan Pemerintah," tegasnya.

Sebaliknya, lanjut Umar, pihak BPD memberikan apresiasi atas gagasan program untuk kebutuhan pangan masyarakat. Umar berharap, dengan adanya program Green House, menjadi barometer Pemdes, terhadap pelaksanaan program lainnya.

"Dengan harapan bisa menghadirkan papan informasi sebagai penggunaan anggaran yang terpampang di balai desa," harapnya.(Well)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close