Breaking News

Program Pesantren Kilat SPENSATYA Berakhir

 


Loteng, (postkotantb.com) - Mengisi bulan Ramadhan yang penuh dengan kemuliaan, berbagai macam program keagamaan dilahirkan.

Seperti SMPN 1 Praya (Spensatya) Lombok Tengah (Loteng), terhitung tanggal 18-23 April, telah memprogram kan Santren kilat dan hari ini ditutup.

Kepala SMPN I Praya Loteng, Majri M.Pd diruang kerjanya menjelaskan, adapun program yang dilaksanakan selama pesantren kilat, diantaranya solat Dhuha berjamaah, tausyiah yang dirangkaikan dengan kuis, letarasi membaca Al- Qur'an dengan target dua hari khatam, bagi bagi takjil dan buka bersama serta solat berjemaah solat Magrib.

"Untuk bagi bagi takjil, buka bersama dan solat berjamaah solat Magrib, itu dilakukan sebagai penutup seluruh kegiatan pesantren kilat.Untuk penutupan kita laksanakan sore ini (Sabtu red), sampai berbuka puasa dan di tutup dengan Nuzulul Qur'an," Jelasnya (23/4).

Dijelaskan, untuk tausiah atau ceramah, itu diberikan langsung oleh guru agama setempat, dimana setelah tausiah atau ceramah, diberlakukan kuis untuk anak anak. Dimana kuis tersebut diambil dari isi ceramah, selanjutnya bagi siswa yang bisa menjawab, pihak sekolah telah menyiapkan uang atau hadiah.

Hal ini dilakukan, agar anak anak lebih khusus' mendengarkan isi ceramah yang disampaikan oleh juru ceramah.

"Sengaja kami berlakukan itu, agar anak anak tidak ribut dan mereka lebih khusu' mendengarkan isi ceramah, sebab mereka akan dapatkan hadiah," Ungkapnya.

Selanjutnya literasi Membaca Al Qur'an, ini dilakuan agar capaian khatmal  Al Qur'an selama dua hari tercapai. "Alhamdulillah semua berjalan sesuai yang kita rencanakan," Ujarnya.

Ditambahkan, dengan telah di programkan nya pesantren kilat, besar harapan anak anak bisa memaknai dan bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Lebihnya lagi saat ini zaman sudah modern, sehingga dengan penanaman nilai-nilai kegamaan, anak anak nantinya tidak tergerus dengan kemajuan zaman. (Ap).

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close