Breaking News

Usut Tuntas Dugaan Penjualan Bantuan Aquatec, Dinas Kelautan Lotim Penuhi Panggilan Polres

 


Ipda Ichwan Satriawan.SH Kepala Pembinaan Operasi (KBO) Polres Loteng


Loteng, (postkotantb.com) - Membongkar dugaan penjualan bantuan kementerian kelautan berupa
Aquatec atau keramba terapung, yang sempat di tahan Polsek Praya Timur Sabtu malam lalu. Polres Lombok Tengah (Loteng), makin gencar mendatangkan saksi untuk mengusut tuntas dalang dugaan penjualan bantuan tersebut.

Baru baru ini, Satreskrim Polres Loteng telah memanggil Dinas Perikanan dan Kelautan Lombok Timur, yang di hadiri Kepala Bidang (Kabid) Budidaya inisial Gst.

Kasat Reskrim Polres Loteng IPTU Rizki Ridho Pratama melalui Kepala Pembinaan Operasi (KBO) Reskrim Polres Loteng IPDA Ichwan Satriawan, S.H saat dikonfirmasi membenarkan, sampai saat ini ada 4 saksi yang sudah diundang dan dimintai keterangannya, salah satunya Kabid Budidaya Dinas Perikanan dan kelautan Lombok Timur.

"Ada 4 saksi sudah kita undang dan meminta keterangan terkait Ditangkapnya dugaan penjualan bantuan pemerintah pusat untuk nelayan berupa aquatec atau keramba  terapung. Salah satu saksi yang sudah kita hadirkan dari dinas Perikanan dan kelautan Lombok Timur, dalam hal ini kabid budidaya," Katanya, Selasa (5/4).

Ditanya apa saja yang ditanyakan dan hasilnya, perwira pertama Polri ini mengaku, karena kasus ini masih dalam proses penyelidikan, pihaknya belum berani memberikan keterangan terbuka dan detail.

Sebab proses penyelidikan ini, salah satu langkah menuju penyidikan, semua hasil keterangan saksi saksi yang sudah dipanggil, nantinya akan disampaikan saat penyidikan, jika kasus ini layak untuk dinaikkan, maka akan dinaikkan ke penyidikan.


"Yang jelas satu persatu saksi kita akan panggil atau undang, apa saja hasil keterangannya, tunggu saja pasti kita sampaikan secara terbuka, dan saat ini prosesnya masih penyelidikan, jika sudah lengkap dan layak di naikkan statusnya, baru kita naikkan ke penyidikan dan kita ungkap semuanya," Janjinya.

Selain itu lanjut perwira pertama polri ini, dari keterangan saksi sekaligus sopir truk fuso tersebut, dia mengaku di berikan uang senilai Rp 1 juta, oleh Jufriandi Alamat Dusun Montong Renggi Desa Dane Rase Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur, untuk selanjutnya di hantarkan ke Surabaya.

Sementara itu dalam pemberitaan sebelumnya diberitakan, satu buah truk fuso berisikan bantuan pemerintah berupa Aquatec atau keramba terapung, untuk para nelayan di duga akan dijual ke luar daerah,  berhasil di gagalkan Polsek Praya Timur Loteng.

"Mulanya kita dapat informasi dari masyarakat, kalau ada truk fuso bakal melintas di jalur Keruak Mujur Praya, dimana truk fuso tersebut membawa alat berat, di duga itu bantuan pemerintah yang di peruntukan untuk para nelayan, namun ada oknum yang mencoba memperjual belikan ke luar daerah, dan itu kita amankan," Kata kapolres Lombok Tengah AKBP Hery Indra Cahyono melalui Kapolsek Praya Timur IPTU Sayum. Jum'at malam (1/4).

Berdasarkan informasi tersebut, lanjutnya, sekitar pukul 19.30 wita pihaknya bersama KASPKT II Sektor Praya Timur dan piket fungsi melakukan razia di jalan raya depan mapolsek setempat.

Melakukan penyetopan terhadap truk fuso, itu disesuaikan dengan laporan masyarakat, dimana truk fuso tersebut berasal dari Lombok Timur akan melintasi wilayah Praya Timur.

Selanjutnya Kapolsek dan anggota melakukan penyetopan terhadap kendaraan serta melakukan pemeriksaan, di dalam truck foso dengan Nopol DR 8590 AC Warna Hijau tersebut ditemukan berupa jagung kering dan dua unit Aquatec / keramba terapung di dalamnya.

"Mulanya pengakuan sopir, truk fuso berisikan jagung untuk dijual ke luar daerah, namun setelah anggota mengeceknya, ternyata ditemukan dua unit Aquatec atau keramba terapung bantuan pemerintah untuk para nelayan dan itu katanya mau di diperjualbelikan ke luar daerah," Ungkapnya.

Sedangkan identitas pengendara/sopir an. ASRUL HAMDI, 36 Tahun, Sopir, Sasak, Islam, Alamat Dusun Batu Lawang Desa Dane Rase Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur.

Sayum menambahkan, Berdasarkan hasil introgasi dari pengendara/Sopir Bahwa memang benar memuat Jagung dan alat alat Keramba yang di titip oleh JUPRIADI, Alamat Dusun Montong Renggi Desa Dane Rase Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur yang akan dibawa ke Surabaya

Atas temuan tersebut, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Kasat Reskrim Polres Loteng dan dari hasil kordinasi tersebut untuk penanganan akan di serahkan ke unit Reskrim Polres Loteng.

"Penangkapan truk fuso ini langsung saya serahkan ke polres, dan Barang bukti dan Truck Fuso sudah diamankan di polres Loteng guna penyelidikan Lebih lanjut. Jadi saran saya kalau mau lebih lengkap bisa hubungi pak kasat reskrim langsung," Pintanya. (Ap)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close