Breaking News

Kabid Ketahanan Pangan DKP3 KLU Fasilitasi Rapat Persiapan Pelatihan Tematik Pengembangan P2L

 


Lombok Utara, (postkotantb.com) - Dinas Ketahanan pangan, pertanian, perkebunan dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Lombok Utara Bidang Ketahanan Pangan, melaksanakan pelatihan tematik kepada delapan (8) kelompok KWT, sesuai arahan pemerintah pusat untuk melaksanakan kegiatan yang membantu masyarakat dalam pemulihan ekonomi pada masa pandemi.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan (DKP3 KLU), I Made Dody Ardhika,SP, mengatakan, ada delapan (8) kelompok KWT di Kabupaten Lombok Utara mendapatkan suntikan dana dari pemerintah pusat masing masing sebesar Rp. 55.000.000,- pada tahun 2021 lalu, yang bersumber dari dana DAK Non Fisik.  

Dody Ardhika, selaku Kabid yang membidangi kegiatan P2L, menindaklanjuti bantuan dana untuk kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) kepada kelompok kelompok Wanita Tani (KWT) yang ada di Kabupaten Lombok Utara.

Menurut dia, dana ini telah direalisasikan dengan transfer langsung ke rekening Kelompok Wanita Tani (KWT) pada tahap I sebanyak 50% yaitu Rp. 27.500.000, yang dialokasikan untuk mendukung keberdayaan masyarakat memenuhi kebutuhan pangan dari hasil pekarangannya sendiri.

Diakuinya pula bahwa dirinya (Dodi) saat realisasi belum menjadi Kepala Bidang saat itu. Ia menambahkan komponen kegiatan pekarangan pangan lestari (P2L) yang dilaksanakan oleh Kelompok penerima manfaat adalah pengadaan sarana pembibitan, pengembangan demplot, pertanaman pekarangan anggota dan kegiatan pasca panen.

Pemanfaatan dana dan pelaksanaan kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di lapangan, oleh Kelompok penerima manfaat dilaksanakan sesuai dengan petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan, serta berkesinambungan.
Harapannya kegiatan P2L bertanam baik di rumah bibit, demplot, maupun di pekarangan, anggota dapat tumbuh dan berkembang, meskipun tidak ada lagi bantuan.

Pengurus beserta anggota dapat mengajak tetangga untuk turut serta mengoptimalkan pekarangan masing-masing, dalam mendukung keberhasilan pembangunan ketahanan pangan, harapnya.

Peran dinas Ketahanan Pangan diharapkan lebih responsive dan inovatif serta lebih intensif dalam melaksanakan monitoring kegiatan dilapangan, tegasnya Dodi kepada semua pendamping saat rapat persiapan pelatihan Tematik Pengembangan P2L Kamis (16/6/2022).

Untuk tahun 2022 ini KWT pada progeram P2L mendapatkan sun yg ikan dana lagi sebesar Rp 15.000.000 untuk masing masing kelompok, yang peruntukannya untuk "Pelatihan Tematik Pengembangan", tambah Dodi. Sama seperti dana awal, yaitu masuk melalui rekening kelompok langsung dalam dua tahapan, tutupnya.(@ng)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close