Breaking News

Masuk 50 Besar ADWI 2022, Taman Loang Baloq Dikunjungi Menparekraf Sandiaga Uno

KUNJUNGAN KERJA: Dalam Kunjungan Kerjanya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno didampingi Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana, tengah menyapa masyarakat yang berada di Destinasi Wisata Taman Loang Baloq, Sabtu (25/06/2022).

Mataram (postkotantb.com)- Setelah Desa Wisata Buwun Sejati, Lombok Barat, Desa Wisata Taman Loang Baloq, Kota Mataram Provinsi NTB juga sukses dalam bersaing di kancah nasional.

Yakni, masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf). Dalam Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Prestasi ini pun berhasil memancing kehadiran Menparekraf, Sandiaga S Uno, dalam rangka kunjungan kerja (Kunker) di Taman Loag Baloq, Sabtu (25/06/2022).

Kedatangan Menteri Sandiaga Uno beserta rombongan, disambut meriah dan disertai ucapan selamat datang dari Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana bersama sang Istri, Hj. ND Kinnastri Roliskana. 

Turut menyambut kedatangan Menteri Sandiaga Uno, Komisi X DPR RI, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi NTB berserta jajaran, Ketua DPRD Kota Mataram dan sejumlah stakeholder lingkup pemerintah Kota Mataram.

Hadir pula Camat Sekarbela, beserta jajarannya, kemudian Lurah Tanjung Karang dan Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tanjung Samudra beserta para anggota.

Dalam agenda kunjungan di taman Loang Baloq, Kemenparekraf Sandiaga Uno disuguhkan dengan alunan musik tradisional masyarakat Pulau Lombok, yakni Gendang Beleq dan juga berkesempatan untuk menari bersama para penari tradisional.

Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih atas atensi  bimbingan Menparekraf beserta jajarannya selama penilaian desa wisata terbaik Indonesia.

"Kami mewakili masyarakat Kota Mataram mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada Mas Menteri, Sandiaga Uno," ungkap Mohan.

Senada disampaikan Ketua Pokdarwis Tanjung Samudra, Tamrin. Di depan Menparekraf, Tamrin menyebut bahwa Taman Loang Baloq memiliki luas lebih dari 3 hektare, disertai dengan garis pantai sepanjang 2 kilometer.

Sejak ditata dengan rapi oleh pemerintah Kota Mataram, Taman Loang Baloq memiliki potensi untuk memenuhi tujuh kriteria penilaian desa wisata terbaik Indonesia.

"Diantaranya wisata Bahari. Kemudian daya tarik angin untuk olahraga paralayang, danau untuk bermain kano. Kemudian panggung hiburan dimana setiap harinya, masyarakat selalu membuat jadwal kreasi senam. Ada Ruko souvenir dan sebagai sentral kuliner ikan," sebut Tamrin.

Dan yang tidak kalah menariknya dari Taman Loang Baloq unkap Tamrin, adalah keberadaan Makam ulama, yaitu Syekh Gaus Abdul Razak.

Dimana ziarah makam ulama tersebut menjadi salah satu daya tarik wisata religi. Kendati demikian, lanjut Tamrin, terdapat tiga hal yang hingga saat ini belum dimiliki taman tersebut.

Salah satunya, kebun binatang mini (Mini Zoo), wahana air mancur berwarna warni serta perluasan lahan speed boot. Pihaknya berharap, kekurangan tersebut dapat ditindaklanjuti demi mengembangkan destinasi wisata Taman Loag Baloq.

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga Uno, memberikan apresiasi terhadap sejumlah potensi, khususnya wisata religi di Taman Loang Baloq.

Karenanya, Sandiaga Uno mengajak seluruh pelaku wisata termasuk mahasiswa di bidang pariwisata seperti mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) untuk memakmurkan potensi wisata lokal.

"Saya memang banyak melakukan ziarah makam. Akan tetapi makam yang satu ini sangat berbeda. Apalagi Lokasi makamnya di dalam pohon beringin. Dan saya juga dengar tadi, setiap yang pergi haji, pasti ziarah di makam ini dulu," imbuhnya.

"Jadi saya kira ini merupakan pandangan terhadap wisata halal kita. Dengan adanya potensi wisata lokal di Indonesia, kita tidak perlu berpikir destinasi wisata di luar negeri. Mari kita memakmurkan wisata religi kita, sekaligus kita bertadabur alam," tutupnya.(RIN)


0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close