Breaking News

Wujudkan Kawasan Inklusif, BRIDA NTB Jadi Salah Satu Destinasi Wisata

 


Mataram, (postkotantb.com) - Sebagai bentuk dukungan terhadap program Industrialisasi di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA NTB) lahir di tengah masyarakat guna mewujudkan NTB sejahtera dan mandiri melalui program-program unggulan dan merangkul masyarakat untuk mandiri dengan berkolaborasi. BRIDA NTB merupakan pengembangan dari Science, Technology and Industrial Park yang mana menjadi pusat penelitian/kajian di daerah, serta BRIDA NTB juga menjadi pusat pengembangan desain prototype inovasi di Provinsi NTB.


Kepala BRIDA NTB, H Wirawan Ahmad mengatakan, BRIDA NTB sebagai Badan Riset dan Inovasi Daerah pertama di Indonesia memiliki fokus dalam Industri Peralatan dan Permesinan, Layanan Penelitian, Beasiswa NTB atau 1000 cendikia, Rumah Bahasa NTB, Industrialisasi Unggul, Start-up NTB serta Edukasi Wisata.

Pembentukan BRIDA NTB sendiri sebagai perangkat daerah diatur berdasarkan PP Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah yang ditetapkan dengan Perda, dalam hal ini yaitu Perda Perubahan terhadap Perda Nomor 11 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat.


"BRIDA NTB juga menjadi salah satu sarana publik bagi siapa saja yang datang berkunjung. Tidak hanya menjadi Kawasan pemerintahan tetapi juga dapat beradaptasi menjadi sarana wisata bagi masyarakat umum," ujarnya.

Wirawan menjelaskan, lingkungan kantor pemerintahan adalah sarana publik. Oleh karenanya, kawasan ini haruslah inklusif, terhindar dari kesan formal, apalagi seram.


"Bila perlu, kawasan ini dibuat senyaman mungkin. Jadi orang tidak hanya datang kalau ada urusan tapi juga untuk berwisata. Itulah yang sedang kami ikhtiarkan di BRIDA NTB, anak-anak bisa mencoba sepeda listrik, mobil listrik sampai dokar listrik. Bisa juga mencoba sarana yang ada di Puspaiptekda. Bagi remaja, bisa nongki santai di halaman BRIDA NTB, Bapak ibunya bisa joging pada track yang sudah kami sediakan," ulas Wirawan.


Dari itu lanjut Wirawan, Kehadiran BRIDA NTB diharapkan dapat menjawab segala kebutuhan masyarakat luas. Tidak hanya pihak-pihak yang memiliki kepentingan tertentu. Dari sisi Edukasi Wisata (Eduwisata), BRIDA NTB menjadi lokasi yang mempuni sebagai sarana pembelajaran untuk para siswa-siswi hingga mahasiswa Perguruan Tinggi. Serta membuka peluang Kolaborasi antara SMA/SMK dan PT yang berada di NTB dalam pemanfaat riset dan inovasi daerah. (Red)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close