Breaking News

Bupati Pathul Bikin Kartu Kunjungan Perpustakaan: Semua Pejabat OPD Harus Miliki Juga!

 


Lombok Tengah, (postkotantb.com) - Bupati Lombok Tengah, HL Pathul Bahri resmi bergabung menjadi pecinta membaca di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lombok Tengah (Loteng). Bergabungnya Bupati ditandai dengan pembuatan kartu kunjungan Bupati di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Loteng, Rabu (14/9/2022).

"Meningkatkan pengetahuan melalui banyak membaca itu penting. Makanya saya mengajak kepada seluruh SKPD dan masyarakat Loteng, untuk cinta membaca guna menambah pengetahuan, dan saya sendiri juga sudah buat kartu kunjungan," katanya di depan sejumlah tamu undangan.

Sebagai awal menyukseskan program ini, kata Bupati, pada peringatan Hari Kunjung Perpustakaan 14 September ini pihaknya mengajak kepada seluruh OPD harus memiliki kartu kunjungan.


Bunda literasi Loteng Baiq Nurul Aini
Pathul Bahri, bersama ketua GOW Loteng, Winarsih Nursiah dan kasat Pol PP Loteng Lalu Rinjani. Bincang bincang santai membahas peningkatan SDM Loteng.



"Saya harapkan semua pejabat OPD harus punya kartu kunjungan perpustakaan, ketika jam jam istirahat bisa datang ke perpustakaan sambil rileks. Sambil baca buku, bisa menambah pengetahuan," ungkapnya.

Kata bupati Pathul, membaca buku itu penting.Sebab selama ini minat baca di Loteng terjun bebas, sehingga ini harus di gas, mulai dari diri dan seluruh OPD.

"Kita harus bangkitkan semangat membaca, mulai dari diri kita, untuk itu seluruh OPD harus miliki kartu kunjungan ke perpustakaan," pintanya.

Selanjutnya kata Pathul, mekanisme pembuatan kartu kunjungan, sangat mudah. Yakni datang ke Kantor Perpustakaan dan Kearsipan dengan membawa KTP.

"Lima menit saja insya Allah kartu kunjungan sudah jadi milik pribadi. Dan kartu ini gratis, dan siapapun berhak membuat kartu ini," terangnya.

Sementara itu Bunda literasi Loteng,Baiq Nurul Aini Pathul Bahri mengatakan, dalam rangka mendukung program pemerintah dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), yakni melalui Program Gemar Membaca.

Selaku Bunda Literasi yang sekaligus Ketua PKK Loteng, Baiq Nurul akan membuat gebrakan khususnya di Kecamatan Praya. Dimana mobil Perpustakaan harus keliling ke sekolah dan desa serta kelurahan se-Kecamatan Praya.

"Program ini,kita akan coba di jantung Kota Praya dulu. Jika sudah sukses baru kita akan kembangkan di luar kota Praya. Sosialisasi ini kita akan mulai lakukan pada Minggu depan," paparnya.

Sementara itu Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Loteng, Winarsih Nursiah berharap kepada semua sekolah untuk sama-sama menghidupkan gemar membaca. Menghidupkan gemar membaca, tidak hanya di dalam kelas saja, namun bisa juga dilakukan dengan sistem sekolah alam.

"Saat jam istirahat, mobil perpustakaan kita harapkan terparkir di halaman sekolah. Jadi anak sambil istirahat, sambil mereka membaca. Ini kita harus lakukan, guna menggenjot SDM Loteng, mengingat minat baca masyarakat Loteng saat ini di urutan ke 7 dari 10 Kabupaten/Kota se-NTB," tandasnya. (Ap)


0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close