Breaking News

Ini Cara Kodim 1620/Lombok Tengah Cegah Konflik Sosial

 


Lombok Tengah (postkotantb.com) - Sedia Payung sebelum hujan, mungkin ini peribahasa yang layak disematkan kepada Makodim 1620 Lombok Tengah.

Dengan kecerdasan berfikir, yang dikuatkan dengan kondisi di tengah masyarakat saat ini, melahirkan ide bagaimana caranya menyelesaikan konflik sebelum terjadi, salah satunya dengan cara melakukan Pembinaan Komunikasi (Binkom), guna mencegah Konflik Sosial.

Dalam sambutannya, Kasdim menyampaikan Binkom Cegah Konflik Sosial 2022 bertujuan untuk membangun peran seluruh masyarakat yang ada di wilayah Kodim 1620/Loteng dalam rangka mencegah dan mendeteksi dini setiap konflik sosial yang mungkin terjadi. Baik sebelum, selama, dan sesudah terjadi.

"Perlu saya sampaikan bahwa konflik sosial seperti terorisme, radikalisme, kriminalitas dan lain sebagainya sudah sering terjadi sejak proklamasi kemerdekaan RI tahun 1945," Ujar Kasdim.

Menurutnya, sampai dengan saat ini,konflik sosial di masyarakat pun masih terus terjadi. Tak hanya itu, dampak dari sebuah konflik juga sangat mempengaruhi kesejahteraan umum.

Olehnya,Ia menuturkan bahwa peran serta masyarakat dalam rangka mencegah terjadinya konflik sosial merupakan tanggung jawab bersama.

"Sebab itu kami mengajak seluruh komponen masyarakat Lombok Tengah untuk dapat melaksanakan sistem temu cepat lapor cepat. Kami berharap bila di tiap-tiap wilayah ada terjadi konflik maka segera laporkan kepada aparat pemerintah atau penegak hukum yang ada," Ujarnya.

Selanjutnya kegiatan Binkom Cegah Konflik Sosial TA 2022 di Makodim 1620/Lombok Tengah diisi dengan sambutan Asintel Kasad yang disampaikan oleh tim Pusintelad dan pemaparan materi Binkom dari tim Kesbangpol yang membahas potensi dan cara-cara meredam konflik sosial.

Hadir Kasdim 1620/Loteng, Mayor Inf. Hardani, Kepala Kejaksaan Negeri,Fadil Regan SH., Bakesbangpol Loteng, Murdi A.P.,M.Si., tim Pusintelad, Dirut PDAM, dan para Perwira jajaran Kodim 1620/Loteng beserta puluhan peserta dari kalangan masyarakat.

Dengan tema "Peran seluruh komponen masyakarat dalam mencegah konflik sosial di wilayah Kodim 1620/Loteng" acara ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan dengan sambutan Dandim 1620/Lombok Tengah, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan,S.IP., yang diwakili Kasdim 1620/Loteng. (Ap)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close